Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Terima Penghargaan

Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Terima Penghargaan

Tahun ini menjadi tahun yang luar biasa dan bersejarah untuk Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang berhasil mendapatkan penghargaan "Inspiring Profesional And Leadership Award 2024" dari Indonesia Award Magazine".

Penghargaan "Inspiring Profesional And Leadership Award 2024 untuk kategori Beyond Thrust, diterima Kapolres Belu dalam ajang 5.0 Award Trends Summit 2024 yang berlangsung jumat (26/4/2024) malam di Grand Mercure Mirama Hotel, Surabaya,.

Penghargaan dalam bentuk Plakat dan Tropy tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Riset Kelayakan Award Indonesia Award Magazine, Dr. Ketut Abid Halimi, S.Pd.I. M.Pd, C.Ht. C.P, kepada Kapolres Belu atas kinerja terbaiknya di institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Direktur Riset Kelayakan Award Indonesia Award Magazine, Dr. Ketut Abid Halimi mengungkapkan, Penghargaan ini diberikan atas hasil monitoring dan penilaian team panelis atas prestasi, inovasi, dedikasi dan profesionalitas Kapolres Belu dalam membantu masyarakat yang hidup dalam keterbatasan di wilayah perbatasan RI-RDTL (TImor Leste).

"Indonesia Award Magazine ini merupakan sebuah lembaga yang mengkhususkan diri untuk memberikan penghargaan kepada sosok pemimpin pemimpin yang berprestasi dan menginspirasi masyarakat luas di berbagai macam sektor. Dan malam ini kita berikan kepada AKBP Richo Simanjuntak atas profesionalismenya sebagai anggota Polri membantu masyarakat yang hidup dalam keterbatasan"ungkap Dr. Ketut Abid Halimi.

"Penilaian telah dilakukan dengan sangat selektif untuk memilih siapa yang dianggap pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Apa yang dilakukan pak Kapolres membantu banyak orang sangat layak mendapatkan apresiasi dan penghargaan seperti menginisiasi gotong royong pembangunan jalan, hingga menginisiasi masuknya listrik di dusun korba’u yang sudah 72 tahun tidak ada listik"tambah Dr. Ketut Abid Halimi.

Kapolres Belu saat menerima penghargaan dari Direktur Riset Kelayakan Award Indonesia Award Magazine, Dr. Ketut Abid Halimi

Kapolres Belu yang didampingi Istri, Ny.Vonny Richo Simanjuntak dan 2 (dua) buah hatinya saat menerima penghargaan, mengucapkan terima kasih kepada Indonesia Award Magazine atas penghargaan yang diberikan kepadanya.

Orang nomor satu di Polres Belu menuturkan, penghargaan yang diraihnya merupakan buah dari keikhlasan dan kerja keras dirinya bersama seluruh anggota dalam mengupayakan kesejahteraan untuk masyarakat yang hidup dalam keterbatasan.

"Terima kasih Indonesia Award Magazine yang sudah memberikan penghargaan ini kepada Saya. Apa yang sudah Saya lakukan untuk masyarakat semata-mata wujud perhatian negara dalam menjawab keluh kesah sekaligus menuntaskan persoalan yang dialami masyarakat"ungkap Kapolres Belu.

"Dan penghargaan yang Saya dapatkan ini tidak lepas dari dukungan seluruh rekan - rekan anggota dimana kami bahu membahu mengatasi kesulitan warga seperti listrik, air bersih dan perbaikan jalan. Dan yang sudah kita kerjakan ini semata-mata membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat"pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, sejak memegang pucuk pimpinan tertinggi di Polres Belu terhitung 12 april 2023, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dengan program unggulannya yakni jumat curhat, rajin turun di tengah masyarakat untuk mendengar keluhan atau keluh kesah warga seputar gangguan kamtibmas maupun permasalahan yang dialami masyarakat.

Perwira jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002 dikenal luas oleh masyarakat banyak membuat terobosan berharga dengan menghadirkan listrik dan pengeboran air bersih bagi warga masyarakat Kebupaten Belu, baik dalam maupun luar kota Atambua.

Warga di dua dusun (Haliwen dan Fohomea) kecamatan Manumutin, warga dusun Tukunu, kecamatan Raimanuk serta warga desa Tukuneno, kecamatan Tasifeto Barat adalah sebagian masyarakat yang sudah merasakan jiwa sosial Pria berdarah asli Batak ini dalam memperoleh bantuan listrik dan air bersih secara gratis.

Semangat dan keikhlasan hati Kapolres Belu untuk berbagi kepada warga yang kurang mampu terus dilakukan dengan menghadirkan 12 unit lampu solar cell dan pemasangan listrik untuk warga di dusun terpencil Korba'u, desa Leosama, kecamatan Kakuluk Mesak, kabupaten Belu.

Suami dari Ny.Vonny Richo Simanjuntak ini, juga memberikan bantuan 12 unit lampu solar cell  untuk warga dusun terpencil Weberliku yang diketahui selama 100 tahun lamanya hidup hanya mengandalkan pelita sebagai sumber cahaya.

Untuk mengatasi kesulitan sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kapolres Belu juga baru-baru ini menjawab keluh kesah warga dengan memperbaiki akses jalan di Dusun Weberliku dan Bubur Lulik, Desa Tukuneno, kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Kapolres Belu didampingi Istri saat menerima penghargaan  "Inspiring Profesional And Leadership Award 2024 di Grand Mercure Mirama Hotel, Surabaya, jumat 26 april 2024