Amankan Pemilu 2024, Kapolres Belu Pesan Linmas Siapkan Fisik dan Laksanakan Tugas dengan Penuh Tanggung Jawab

Amankan Pemilu 2024, Kapolres Belu Pesan Linmas Siapkan Fisik dan Laksanakan Tugas dengan Penuh Tanggung Jawab

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, meminta petugas perlindungan masyarakat (Linmas) agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab saat hari pemungutan suara di TPS pada 14 Februari 2024 mendatang.

Menurutnya tugas yang diberikan kepada petugas pengamanan TPS adalah sebuah kehormatan dan amanah oleh negara sehingga harus dijaga dengan baik.

Permintaan ini disampaikan Kapolres Belu kepada perwakilan Linmas, saat melakukan kunjungan kerjanya di Polsek Rahat, jumat (09/02/2024).

“Saat ini, bapak ibu sebagai petugas Linmas dipercaya oleh negara untuk mengamankan jalannya pemungutan suara dan penghitungan suara disaat pelaksanaan pemilu 2024. di kabupaten Belu sendiri ada 1332 personel Linmas yang nantinya digerakan pada saat pelaksanaan pemilu 2024.Saya minta mulai sekarang jaga fisik, jaga kesehatan agar dapat menjalankan tugasnya secara baik dan bertanggung jawab"pesan Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres Belu mengimbau petugas Linmas agar dalam pelaksanaan tugasnya,  menjalin koodinasi aktif dengan petugas di TPS lainnya termasuk aparat kepolisian yang juga bertugas mengamankan pemungutan suara.

"Untuk kecamatan yang medannya sulit dijangkau seperti Lamaknen dan Lamaknen Selatan, direncanakan H-3 sudah dilakukan pendistribusian logistik pemilu oleh KPU ke PPK (kecamatan). Dan waktu kunjungan Saya di 6 Polsek lainnya, Saya sudah mengimbau anggota Saya dan Linmas agar bersinergi dengan baik mengawal kotak suara dan surat suara, baik di PPK hingga nanti ke TPS"tutur Kapolres Belu.

"Saya minta rekan-rekan Linmas tidak boleh ada yang meninggalkan tempat tugasnya. Untuk diketahui, di setiap TPS nanti akan diisi petugas kepolisian dimana 2 personel mengcover 6-7 TPS. Mulai sekarang rekan-rekan baik TNI, Polri, PPK, PPS dan juga dari Linmas, harus saling mengenal dan tahu lokasi TPSnya sehingga mudah untik saling berkordinasi. Ini juga Saya sampaikan waktu kunjungan kerja Saya di Polsek-polsek sebelumnya yang sudah Saya kunjungi"tambah Kapolres Belu.

Untuk diketahui, dalam rangka memastikan kesiapan personelnya jelang pelaksanaan pengamanan pemilu serentak,14 februari 2024, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K,dalam sepekan terakhir ini melakukan kunjungan kerja ke polsek jajaran.

Adapun 7 (tujuh) polsek jajaran yang dikunjungi Kapolres Belu antara lain berturut-turut mulai dari Polsek Tasifeto Barat, Raimanuk, Tasifeto Timur dan Polsek Lasiolat.

Kunjungan kerja selanjutnya yang dilaksanakan pada jumat (9/02/2024) di mulai dari Polsek Lamaknen, Raihat dan terakhir adalah Polsek Kakuluk Mesak.

Dalam kunjungan kerjanya di 7 polsek jajaran, Kapolres Belu melakukan tatap muka dengan seluruh personel Polsek sementara di saat yang sama diisi dengan tatap muka Ketua Bhayangkari Cabang Belu dengan seluruh Bhayangkari Ranting Polsek.

Selain bertatap muka dengan Kapolsek dan anggota, Kapolres Belu yang dalam kunjungannya didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Vonny Richo Simanjuntak, Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP serta pejabat utama Polres, berkesempatan untuk bertatap muka dengan Camat, Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan para kepala desa.