Jumat Curhat Perdana, Kapolres Belu Ajak Warga Lidak Bersinergi Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

Jumat Curhat Perdana, Kapolres Belu Ajak Warga Lidak Bersinergi Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

Setelah resmi memegang pucuk pimpinan di Polres Belu pada Rabu (12/4/2023) kemarin, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K aktif menggelar silaturahmi dengan lintas sektor dan berbagai komponen masyarakat.

Teranyar,  Kapolres Belu yang didampingi sejumlah pejabat utama, turun menggelar dialog bersama warga kelurahan Lidak, kecamatan Atambua selatan, kabupaten Belu, jumat (28/04/2023).

Kegiatan dialog bertajuk jumat curhat yang  dilaksanakan di kediaman salah tokoh masyarakat Lidak pagi tadi pukul 10.00 wita, dihadiri Plh.Camat Atambua Selatan, Lurah Lidak,tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Bhabinkamtibmas Lidak serta sejumlah masyarakat kelurahan Lidak.

Dalam jumat curhat perdananya ini, Kapolres Belu memperkenalkan diri sebagai Kapolres Belu yang baru sekaligus mengajak masyarakat untuk mendukung tugas kepolisian dengan menjaga lingkungannya tetap kondusif dan damai khususnya menjelang pemilu tahun 2024 mendatang.

Kapolres Belu juga menuturkan, jumat curhat yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini merupakan program Polri secara nasional yang bertujuan mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus menerima usul dan saran dari masyarakat.

"Jadi kedatangan kami ini tidak hanya bersilaturahmi, tapi Kami juga ingin mendengar secara langsung saran, masukan dan keluhan dari bapak ibu yang ada di kelurahan Lidak ini. Saran masukan yang diberikan sangat penting bagi kami dalam rangka kami menciptakan kamtibmas yang aman sekaligus perbaikan kinerja kami kedepannya"kata Kapolres Belu.

"Dan sebagai orang baru disini, Saya mengajak bapak ibu yang hadir disini untuk kita bersama menjaga situasi kamtibmas diwilayah masing - masing. Dengan sinergitas yang baik dari kita semua, diharapkan kondisi yang sudah aman ini, akan selalu terjaga hingga pelaksanaan pemilu 2024 nantinya"lanjut Kapolres Belu.

Sementara Plh.Camat Atambua Selatan pada kesempatan tersebut, menyampaikan apresiasinya kepada Polres Belu dalam menjaga kamtibmas khususnya dengan adanya anggota Bhabinkamtibmas di setiap kelurahan, yang dapat membantu setiap persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Selain apresiasi dari Plh.Camat Atambua Selatan, Kapolres Belu juga mendapat masukan dari sejumlah undangan yang hadir. Salah satunya yakni tokoh masyarakat, Paulus Atok yang menyampaikan keluhan terkait masih adanya aksi kenakalan remaja berupa balapan liar dan mabuk-mabukan yang membuat keresahan masyarakat saat istirahat malam.

Menanggapi apa yang disampaikan tokoh masyarakat, Kapolres Belu berjanji akan meminimalisir dan mencegah permasalahan kenakalan remaja serta meminta peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mencipatakan kamtibmas yang kondusif.

“Tentunya ada beberapa faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja seperti balapan liar diantaranya kurangnya edukasi dari kita orang tua, lingkungan sosial yang kurang baik, teman bergaul dan faktor ekonomi. Oleh karenanya kami minta dukungan dari bapak ibu yang hadir disini untuk minimal memberikan edukasi ke mereka sehingga tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif"ungkap Kapolres Belu.

"Dan langkah-langkah yang kita ambil untuk meminimalisir balapan liar dan mabuk-mabukan sudah kita lakukan dengan rutin melakukan patroli di ruas-ruas jalan yang sering dipakai untuk balapan bahkan langkah penegakan hukumpun sudah kita sering lakukan dengan mengamankan sejumlah remaja yang terlibat aksi balapan liar. Sehingga disini kembali lagi, semua pihak harus terlibat. Orang Tua, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan juga tokoh Masyarakat harus ikut menciptakan iklim yang baik di masyarakat sehingga generasi kita terhindar dari hal-hal yang demikian"ajak Kapolres Belu.