Jumat Curhat di Kelurahan Umanen, Wakapolres Belu Ajak Semua Pihak Dukung Polri Jaga Kamtibmas

Jumat Curhat di Kelurahan Umanen, Wakapolres Belu Ajak Semua Pihak Dukung Polri Jaga Kamtibmas

Dalam upaya menciptakan kondisi wilayah yang aman serta terwujudnya suatu komunikasi yang baik antara masyarakat dan Polri, Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak, S.I.K dalam hal ini diwakili Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, menggelar program jumat curhat di wilayah Atambua, kabupaten Belu, jumat (9/6/2023).

Kegiatan jumat curhati pukul 10.00 wita di aula kantor kelurahan Umanen, kecamatan Atambua Barat,dihadiri Lurah Umanen, ketua LPM, Kabag Ops Polres Belu, Kasat Lantas Polres Belu, Kasat Samapta Polres Belu dan Kasi Humas Polres Belu.

Hadir juga sejumlah Perwira Staf, para RT sekelurahan Umanen, Kepala Sekolah SMAN 4 Umanen,Kepala Sekolah SMPN 4 Umanen, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, koordinator Linmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Umanen, serta sejumlah masyarakat kelurahan Umanen.

Wakapolres Belu mengungkapkan, jumat curhat yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini merupakan program Polri secara nasional yang bertujuan mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus menerima usul dan saran dari masyarakat.

"Kegiatan jumat curhat ini merupakan program bapak Kapolri yang tujuannya untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat serta menampung aspirasi dari masyarakat. Kegiatan jumat curhat ini tidak saja dilaksanakan di Polres tapi juga dilaksanakan oleh 7 polsek jajaran, tentunya dengan lokasi dan masyarakat yang berbeda"ungkap Wakapolres Belu.

"Dengan adanya kegiatan jumat curhat intinya bahwa kami ingin mendengar dalam bentuk curhatan. Silahkan saja sampaikan apa saja mungkin ada hal yang tidak nyampai di kami, mungkin ada hal yang harus kami perbaiki, ada hal kira-kira yang akan berguna bagi kami khususnya dalam kamtibmas, tolong Kami disampaikan guna perbaikan kinerja kami yang lebih baik dan bersama kita tetap menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif seperti sekarang ini"lanjut Wakapolres Belu.

Wakapolres Belu pada kesempatan tersebut, meminta kerjasama dan dukungan serta partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk membantu tugas Pokok Polri dalam hal bersama-sama menjaga kamtibmas.

"Kita sadari bersama bahwa masalah kamtibmas tidak bisa dipaksakan oleh satu institusi saja. Untuk itu, dengan keberadaan pihak kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda serta seluruh komponen masyarakat, sangat kita perlukan. Karena ketika kita berkordinasi, kolaborasi, berkomunikasi secara baik maka hal-hal yang menjadi potensi gangguan dapat kita minimalisir atau ditiadakan” kata Wakapolres Belu.

"Jadi disini kami sangat memerlukan bantuan dan dukungan dari masyarakat. Ketika ada kejadian kami mohon diberitahukan secara cepat karena Polisi hanya manusia biasa. Apabila terjalin kerjasama Polri dengan masyarakat, maka yang menjadi halangan dalam pelaksanaan tugas terkait kamtibmas, akan cepat diselesaikan dengan baik serta dapat Kita minimalisir”ungkap mantan Wakapolres Sikka ini.

Pada kesempatan tersebut, salah satu guru SMPN 4 Umanen meminta bantuan aparat kepolisian untuk membantu pihaknya menertibkan pelajar yang sering membolos dan mengkosumsi miras di jam sekolah.

Terkait hal tersebut, Wakapolres Belu mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dengan aparat pemerintah dalam hal ini Sat Pol PP untuk meningkatkan pengawasan dalam bentuk patroli Bersama khususnya saat jam sekolah sehingga anak-anak pelajar bisa menghilangkan kebiasaan buruk mereka saat jam sekolah.