Jelang Pengamanan Paskah, Polres Belu Undang Inskait Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Semana Santa 2022

Jelang Pengamanan Paskah, Polres Belu Undang Inskait Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Semana Santa 2022

Menjelang dilaksanakannya operasi Semana Santa Turangga 2022, Kepolisian Resor (Polres) Belu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Paskah, rabu (6/4/2022).

Saat membuka kegiatan pagi tadi pukul 09.00 wita, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K dalam hal ini diwakili Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP mengatakan, tujuan rapat digelar untuk menyamakan persepsi dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan dalam perayaan Paskah tahun ini.

"Ini (rapat) sebagai langkah menyatukan persepsi bagaimana cara serta langkah-langkah yang perlu di ambil dan dilaksanakan pada saat mulai operasi, mengingat operasi tahun ini kita tidak saja mengedepankan keselamatan, tapi juga kesehatan dengan pandemi covid-19 yang belum mereda hingga saat ini"kata Wakapolres Belu.

"Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan supaya hal-hal yang kurang, dapat diperbaiki dan ditambahkan demi terselenggaranya ops Semana Santa yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya"lanjut Wakapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, mantan Wakapolres Sikka ini menuturkan, terkait diterapkannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 khususnya di wilayah kabupaten Belu, pihaknya meminta semua stakeholder dapat bersinergi dan berkolaborasi secara baik, sehingga tujuan daripada PPKM ini sendiri dapat berjalan dengan baik dan optimal.

"Kalau ini (PPKM) sudah berlaku maka akan banyak pembatasan-pembatasan seperti kegiatan masyarakat, jam operasional di pusat perbelanjaan juga dibaasi termasuk kegiatan keagamaan. Oleh karenanya Saya minta para tokoh agama dan juga rekan-rekan instansi terkait yang hadir, untuk kita bersama mendukung kebijakan pemerintah ini terlebih dalam menyambut paskah, dimana kita menciptakan situasi kondusif dan masyarakat pun tetap sehat, jauh dari penularan covid-19"pinta Wakapolres Belu.

"Selepas dibukanya kegiatan ini, Kami mohon kepada bapak ibu dan stakeholder yang ada disini, menyampaikan, memaparkan sekaligus memberikan usul saran, sebagai langkah kesiapan kita didalam pengamanan operasi Semana Santa tahun ini" pungkas Wakapolres Belu.

Usai dibuka Wakapolres Belu, kegiatan rapat lintas sektoral yang digelar di aula Wira Satya,,dilanjutkan dengan paparan oleh Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH serta saran masukan dari  Asisten I Setda Belu, Danramil 01 Kodim 1605 Belu, kepala dinas kesehatan Kab.Belu serta para tokoh agama masing-masing dari Ketua MUI, romo Gereja Kathedral dan ibu Pendeta gereja Polycarpus Atambua.

Rapat lintas sektoral jelang perayaan Paskah tahun ini, dihadiri para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Belu, Danki 3 Yon A Brimob Atambua, Ketua PHDI Kab. Belu, para tokoh Agama serta pejabat dari instansi Vertikal kabupaten Belu.

Untuk diketahui, Operasi Semana Santa Turangga ini sendiri, akan dilaksanakan selama 12 dua belas) hari, mulai tanggal 8 april s/d 19 April 2021, yang mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi, dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat kabupaten Belu dalam merayakan Paskah, dengan aman dan jauh dari penularan covid-19.