Kapolres Belu Hadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Belu Hasil Pemilu 2024

Kapolres Belu Hadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Belu Hasil Pemilu 2024

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K pada kamis (2/05/2024) kemarin menghadiri rapat pleno terbuka perhitungan dan penetapan perolehan jumlah kursi dalam pemilihan DPRD Kabupaten Belu.

Rapat pleno terbuka tersebut berlangsung di kantor KPU Kabupaten Belu yang secara langsung dipimpin oleh Ketua KPU Yohanes Seven Ata Palla yang dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Belu, Kasdim 1605 Belu, Pimpinan Partai Politik (parpol) dan saksi.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut ditetapkan dan disahkan per dapil pada pemilihan DPRD 2024, atas perolehan jumlah kursi dari Masing-masing Parpol.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu telah menetapkan perolehan kursi partai politik dan mengumumkan 30 anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2024 periode 2024-2029.

Dalam rapat tersebut, Ketua KPU kabupaten Belu mengatakan tahapan Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Belu berakhir dengan penetapan kursi dan caleg terpilih.

Penetapan ini dilakukan setelah mendapat pemberitahuan dari KPU RI, Rabu kemarin, bahwa tidak ada penyelesaian hasil Pemilu di Kabupaten Belu.

"Setelah menerima, KPU langsung menetapkan jadwal hari ini. Kami mohon maaf karena tergesa-gesa tapi memang aturan menghendaki demikian, dimana tiga hari setelah menerima pemberitahuan dari MK, maka harus dilakukan pleno penetapan,” tuturnya.

Menurutnya, rapat pleno yang sudah dilakukan menandai akhir dari seluruh proses pemilihan, mulai dari masa kampanye, tanggal 14 Februari hingga penetapan perolehan kursi dan calon terpilih.

"Semua proses yang sudah dilakukan KPU sudah berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Kita secara pribadi maupun Partai sangat mengapresiasi itu," jelasnya.

“Patut disyukuri, rapat ini sebagai salah satu indikator suksesnya rangkaian Pemilu serentak kemarin dan kini kita bersiap menghadapi Pilkada mendatang,”tutur Kapolres Belu.

"Dan Saya atas nama Pribadi mengucapkan selamat kepada calon anggota dewan yang terpilih. Semoga kedepannya semakin sinergi terutama dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di wilayah tapal batas RI-RDTL ini"pungkas Kapolres Belu.