Jelang Hari Raya Waisak, Kapolres Belu Silaturahmi ke Wihara Metta Prajna Dharma

Jelang Hari Raya Waisak, Kapolres Belu Silaturahmi ke Wihara Metta Prajna Dharma

Menjelang hari raya Waisak tahun 2021, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si melakukan kunjungan ke Wihara Metta Prajna Dharma Atambua, senin (24/5/2021).

Kedatangan Kapolres Belu dan rombongan pukul 10.30 wita, disambut hangat Ketua Wihara, Hendro Sulaiman dan sejumlah pengurus Wihara.

Rombongan langsung dihantar ke dalam rumah Wihara yang tampak  bersih dan ditata rapih. Tampak Wihara tersebut bukanlah rumah ibadah seperti lazimnya melainkan rumah tinggal yang dijadikan rumah ibadah oleh umat Budha Atambua sebagai tempat persembahyangan.

Kapolres Belu mengatakan, kunjungan tersebut merupakan sambang Kamtibmas dalam menjalin hubungan baik antara Polres Belu dengan tokoh Agama Budha beserta dengan jemaatnya di wilayah kabupaten Belu.

“Silaturahmi ke tokoh-tokoh agama di kabupaten Belu, sudah Saya laksanakan sejak pertama kali menjabat di Belu tepatnya bulan agustus tahun lalu. Karena berbagai kesibukan dan Kita masih di hadapkan dengan pandemi covid-19 sehinga baru hari ini Kami menyempatkan waktu berkunjung kesini "kata Kapolres Belu.

"Kami juga meminta peran serta tokoh agama dalam menjaga situasi Kamtibmas juga penerapan protokol kesehatan dalam rangka situasi pandemi Covid-19. Polres Belu juga siap setiap, apabila masyarakat membutuhkan pelayanan dari kepolisian, baik pengamanan saat ibadah maupun gangguan kamtibmas"tambah Kapolres Belu.

Kapolres Belu juga menambahkan, kedatangannya ini sekaligus untuk mengecek kesiapan pelaksanaan perayaan hari raya Waisak yang jatuh pada rabu (26/5/2021).

"Kedatangan kami ini juga ingin memastikan kesiapan dari pak Ketua dan pengurus Wihara untuk perayaan Ibadah sehingga kami bisa menjamin pelaksanaan ibadah yang aman dan nyaman dengan memploting petugas pengamanan"tambah Kapolres Belu.

"Dan karena masih dalam pandemi covid-19, Kami minta protokol kesehatannya diperhatikan saat perayaan ibadah seperti memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan diatur jarak antar umat. Saya yakin pak Ketua Wihara dan pengurus sudah paham dan bisa bersama-sama mencegah penularan covid-19"pesan Kapolres Belu.

Sementara Ketua Vihara, Hendro Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Belu atas kunjungan silaturahminya ke Wihara Metta Prajna Dharma.

Dirinya mengaku terkesan dengan pelayanan yang diberikan kepolisian selama ini khususnya dalam memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan umat saat pelaksanaan ibadah umat Budha di kabupaten Belu.

"Kedatangan bapak Kapolres merupakan kehormatan yang luar biasa bagi kami dan umat Buddha yang berada di Belu, Kami sudah merasa terlayani oleh Polres Belu dengan baik dimana selama kami melaksanakan ibadah besar, kehadiran Polisi selalu ada sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi kami dalam menjalankan ibadah" ungkap Ketua Wihara.

"Ditambah kehadiran langsung bapak Kapolres Belu, menambah rasa aman, nyaman serta kedekatan tersendiri bagi kami pemeluk agama Budha. Kami harap suasana seperti ini dapat terus berkelanjutan di hari-hari mendatang" harap Ketua Wihara.

Dalam kunjungannya ke Wihara, Kapolres Belu didampingi Kasat Intelkam, AKP Petrus Wangge,  KBO Intelkam, IPTU Greg Settu, Kanit Sosbud Intelkam, AIPDA Ardi Nugroho serta anggota Humas.