Hari Terakhir Operasi, Satgas Ops Bina Karuna Polres Belu Ingatkan Warga di Dua Lokasi ini Tentang Bahaya Karhutla

Hari Terakhir Operasi, Satgas Ops Bina Karuna Polres Belu Ingatkan Warga di Dua Lokasi ini Tentang Bahaya Karhutla

Dalam rangka mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).Polres Belu dan jajarannya, selama 14 hari menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi "Bina Karuna Turangga 2022".

Di hari terakhir operasi, senin (15/8/2022), personil Satgas Bina Karuna tmemberikan penyuluhan kepada masyarakat di desa Kabuna, kecamatan Kakuluk Mesak, kabupaten Belu.

Adapun lokasi di desa Kabuna yang menjadi sasaran penyuluhan yakni pelajar SMA 3 Haliwen dan warga yang bermukim di dusun Salala, desa Kanuna.

Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan pagi tadi pukul 09.00 wita, dipimpin Kaur Bin Ops Sat Binmas, IPDA Gaspar Manit.

Turun membawa spanduk imbauan, KBO Binmas bersama angotanya mengajak pelajar dan masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman dengan tidak melakukan pembakaran hutan.

Selain itu, anggota kepolisian juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar karena hal tersebut dapat berdampak negatif pada lingkungan serta berpotensi memicu konflik sosial.

"Di hari terakhir operasi ini, kami turun menyasar warga di desa Kabuna untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Karena kalau dibakar maka akan dapat menjadi sumber api yang tidak terkendali dan menyebar ke lahan pertanian orang bahkan apinya bisa menyebar ke rumah-rumah warga. "ungkap KBO Sat Binmas kepada Humas.

"Dan kita juga ingatkan ke warga akan sanksi pidananya bila membakar hutan lindung atau membuka lahan yang menyebabkan konflik sosial agar mereka bisa sadar dan menjauhi perbuatan tersebut"pungkas KBO Sat Binmas, IPDA Gaspar.

Imbauan yang disampaikan Satgas operasi Bina Karuna Polres Belu, ditanggapi positif oleh masyarakat dan juga pelajar yang berjanji untuk mendukung kepolsian dalam mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Untuk diketahui, operasi Bina Karuna Turangga ini sendiri dilaksanakan selasa 2 agustus kemarin dan berakhir senin hari ini 15 agustus 2022.