Hari Pertama Ops Patuh 2020, Seksi Propam Polres Belu Periksa Sikap Tampang dan Kelengkapan Surat-surat Anggota

Hari Pertama Ops Patuh 2020, Seksi Propam Polres Belu Periksa Sikap Tampang dan Kelengkapan Surat-surat Anggota

Kepolisian Resor Belu selama dua pekan kedepan, menggelar operasi Patuh Turangga 2020 yang bertujuan meningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas serta mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas terutama bagi pengemudi kendaraan bermotor.

Namun, hal ini harus ditunjang dengan kedisiplinan yang ditunjukkan oleh aparat itu sendiri, khususnya yang terlibat dalam Operasi Patuh ini, agar tidak memunculkan citra negatif di hati masyarakat dimana Polisi selaku pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dihari pertama operasi patuh, kamis (23/7/2020) ,Kasi Propam Polres Belu, IPDA Taufan Ardiansyah beserta anggota melakukan pemeriksaaan sikap tampang dan surat-surat kelengkapan milik anggota Sat Lantas.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan pagi tadi pukul 09.00 WITA, seluruh personel lantas terlihat dikumpulkan oleh Kasat Lantas, AKP Ruliyanto Junaedi Putera Pahroen, S.Sos, S.I.K di lapangan Mapolres untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari pantauan Humas, Kasi Propam bersama sejumlah anggota mengecek sikap tampang meliputi rambut, jenggot, kerapian dan mengecek surat-surat antara lain KTP, SIM, STNK serta kartu tanda anggota (KTA)

Pemeriksaan ini kata Kapolres Belu, AKBP Cliffry S.Lapian, S.I.K melalui Kasi Propam, IPDA Taufan, adalah dengan tujuan dan harapan agar personil yang terlibat dalam operasi patuh, dapat memberi contoh disiplin kepada masyarakat sebelum menertibkan masyarakat.

"Kita ingin disiplin dimulai dari petugas yang diterjunkan ke lapangan. Jadi kalau masyarakat ditertibkan, maka petugas harus menjadi contoh tertib lebih dahulu. Kita suruh masyarakat disiplin, sementara anggota kita malah berbuat pelanggaran di jalan"kata Kasi Propam.

"Pemeriksaan seperti ini ke depannya akan terus berlanjut, baik sikap tampang, kelengkapan surat-surat dan fisik kendaraan. Kita lakukan secara continue agar semua personel Polres Belu lebih mentaati aturan dan hasil pemeriksaan tadi akan kita laporkan ke pimpinan (Kapolres Belu),"pungkas Kasi Propam.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Lantas yang didampingi Kasi Propam, mengimbau seluruh anggota Lantas untuk memperhatikan protokol kesehatan selama operasi patuh berjalan yakni dengan memakai masker, menjaga jarak dan mengantongi hand sanitizer agar terhindar dari penularan covid-19.

Untuk diketahui, operasi Patuh Turangga 2020 akan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 23 juli 2020 sampai dengan 5 agustus 2020.

Terdapat tujuh sasaran prioritas yang akan ditindak dalam operasi tersebut antara lain pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu dan pengemudi di bawah umur.

Kemudian sasaran kelima pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba / mabuk dan sasaran ketujuh pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.