Gelar Apel Kesiapan, Satgas OMP Polres Belu dan BKO Brimob Turun Penuh Amankan Debat Publik Putaran Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024

Gelar Apel Kesiapan, Satgas OMP Polres Belu dan BKO Brimob Turun Penuh Amankan Debat Publik Putaran Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024

Komisi Pemilihan Umum kabupaten Belu menyelenggarakan debat publik tahap pertama bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2024, sabtu (19/10/2024).

Untuk menjaga kondusifitas kegiatan tersebut, Kepolisian Resor Belu menerjunkan ratusan personilnya untuk mengamankan jalannnya kegiatan debat terbuka 4 (empat) paslon Bupati dan Wakil Bupati yang berlangsung di ball room hotel Matahari Atambua.

Pengamanan debat pertama Paslon ini ditandai dengan apel pengecekan kesiapan personel yang dipimpin Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K dalam hal ini diwakili Wakapolres Belu, KOMPOL Lorensius, S.H., S.I.K dan diikuti seluruh personel Polres Belu yang terlibat operasi Mantap Praja Turangga dan BKO Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu.

Dalam apel pengecekan kesiapan tersebut, Wakapolres Belu mengimbau anggota yang terlibat pengamanan, agar melaksanakan tugas sungguh-sungguh dan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga rangkaian kegiatan debat pertama Paslon dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Seperti yang kita ketahui pelaksanaan debat Paslon ini akan dilaksanakan pukul 3 sore. nanti secara teknis akan disampaikan Kabag Ops namun sebelum itu tentu Saya sampaikan beberapa penekanan untuk rekan-rekan bahwa kita selaku alat negara sesuai UU no.2 tahun 2002 harus menjadi acuan kita dalam pelaksanaan tugas. Saya ingatkan rekan-rekan jaga integritas dan netralitas"imbau Wakapolres Belu.

"Dalam pelaksanaan pengamanan, Kedepankan senyum, sapa, salam dan layani dengan baik masyarakat yang datang menghadiri debat nanti. Bila terjadi sesuatu yang memebutuhkan tindakan-tindakan kepolsisian, rekan-rekan lakukan tindakan sesuai SOP. Bila ditemukan tindakan yang memancing rekan-rekan untuk emosi, upayakan untuk tahan diri kecuali membahayakan nyawa mau tidak mau tindakan terukur dilakukan"tambahnya.

Untuk kesiapan menghadapi tugas pengamanan pemilukada serentak tahun 2024, Wakapolres Belu berpesan kepada anggota untuk mempersiapkan mental dan fisik, jaga kekompakan, disiplin dan hindari pelanggaran sekecil apapun.

"Dalam kegiatan pengamanan ini, Saya minta rekan-rekan jaga kekompakan, jaga kebersamaan karena kita ini satu korps. Rekan-rekan baik itu Perwira maupun Bintara untuk tidak ada yang mantul-mantul dalam kegiatan hari ini, semuanya bekerja sama dan tunjukan kedewasaan kita sebagai anggota Polri"pesan Wakapolres Belu.

"Yang Perwira ingatkan rekan-rekan yang mungkin mencoba untuk hilang dan Bintara jangan mau diperlakukan seperti anak kecil. Tunjukan bahwa kita semua bisa didewasakan, sehingga semuanya tentu sesuai harapan kita kegiatan debat ini dapat berjalan dengan baik, damai, tertib dan kondusif"pungkas Wakapolres Belu.

Apel kesiapan pengamanan yang dilaksanakan pukul 08.00 wita di lapangan Mapolres Belu ini dihadiri Kabag Ops, Wadanyon A Pelopor Atambua, para Perwira Pejabat Operasi Mantap Praja, Kapolsek Jajaran, Personel BKO Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu serta Brigadir Polres Belu yang terlibat dalam operasi Mantap Praja tahapan Kampanye Pilkada 2024.

Usai pelaksanaan apel, Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH memfloting anggota untuk beberapa titik pengamanan antara lain di luar dan dalam hotel Matahari (ruang debat), jalan raya depan Hotel Matahari, persimpangan toko union, persimpangan BRI Cabang Atambua dan melakukan patroli mobile di dalam kota Atambua.