Dipimpin Presiden RI, Polres Belu Ikut Upacara Hari Bhayangkara Ke - 74 Secara Virtual

Dipimpin Presiden RI, Polres Belu Ikut Upacara Hari Bhayangkara Ke - 74 Secara Virtual

Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 Polri pada rabu,1 Juli 2020 pagi pukul 09.00 WITA, digelar secara virtual dengan Inspektur Upacara,Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).

Di Polres Belu sendiri, Upacara secara virtual ini digelar di aula lantai 2 Polres Belu, yang dihadiri Kapolres Belu, AKBP Cliffry S.Lapian, S.I.K, Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie serta pejabat utama Polres dan Danki Brimob Subden 2 Den A Pelepor Belu.

Upacara ini juga dihadiri Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH, Ketua DPRD Belu, Jeremias Seran Manek Junior, Dandim 1605 Belu yang diwakili Kasdim 1605 Belu, Mayor Inf. Ery Nathan Melek Saris Ninu serta Kajari Belu, Alfons Loe Mau.

Adapun rangkaian kegiatan antara lain menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pengucapan Tri Brata, penetapan tanda kehormatan Bintang Nararia (Pembacaan Keputusan Presiden) dan Amanat Presiden RI.

Dalam amanatnya pagi tadi, Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo, berpesan kepada seluruh personel Polri, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar Polri semakin dipercaya dan dicintai oleh Rakyat.

Selain itu, bilau juga berpesan kepada Polri untuk terus membantu percepatan penanganan virus corona (Covid-19) dan Polri diharapkan menjalin sinergi dengan penegak Hukum lain.

“Dalam situasi yang sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran Mabes dan Polda, Polres, dan Polsek sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protocol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi kondusif tetap aman dan ketertiban agar situasi kondusif tetap aman dan damai,” Ucap Presiden Jokowi.

Polri akan menghadapi, tantangan semakin berat dan semakin kompleks, mulai dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan implementasi kontenjensi sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara. Potensi ancaman stabilitas keamanan negara perlu juga diwaspadai terutama menjelang pilkada serentak diakhiri tahun 2020, selain tugas yang pernah sama dilakukan di pilkada serentak tahun 2017 dan 2019 kali ini juga harus menjaga protokol kesehatan.

"Saya tau tugas ini tidak lah mudah. Namun saya yakin Polri TNI serta pengedali dan pengawasan pemilu akan mampu menjaga tugas ini dengan baik, sejalan dengan tema yang diusung yakni Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif", pungkasnya.

Dalam rangkaian upacara virtual tadi, Presiden RI, Jokowi menyapa dan berdialog dari jauh dengan dengan 6 Kapolres yang wilayahnya masuk kategori pulau terluar Indonesia berturut-turut dari Kapolres Sabang, Pulang Pisau, Rotendao, Talaud, Meruake dan Gunung Kidul.

Selesai upacara, rangkaian kegiatan menyambut peringatan hari Bhayangkara di Polres Belu ditutup dengan acara syukuran yang berlangsung di aula Bhayangkari Polres Belu.

Setiap rangkaian kegiatan pagi higga siang tadi,tetap mengacu pada protokol kesehatan menuju kenormalan baru atau new normal.