Deteksi Dini Penyakit Kronis, Ratusan Personel Polres Belu dan Brimob Jalani Rikes Berkala T.A 2024

Deteksi Dini Penyakit Kronis, Ratusan Personel Polres Belu dan Brimob Jalani Rikes Berkala T.A 2024

Ratusan personel Polres Belu dan Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, menjalani pemeriksaan kesehatan berkala T.A 2024, selasa (19/03/2024).

Rikes berkala yang diadakan oleh Bidang Dokter dan kesehatan (Bid Dokes) Polda NTT bersama tim dari Laboratorium Klinik Asa Kupang, dilaksanakan di aula Bhayangkari..

Dari pantauan Humas pagi tadi pukul 08.00 wita, kegiatan rikes diawali dengan pendaftaran peserta kemudian dilanjutkan pengambilan sampel darah dan urine serta pemeriksaan fisik Dan Mata.

Pemeriksaan yang dilakukan dari pagi hingga siang pukul 14.30 wita juga meliputi Ondotogram/gigi, Tredmil/ECG, rontgen serta tes kepribadian dan psikopatologi / MMPI.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K mengungkapkan, kegiatan Rikes berkala ini sangat besar manfaatnya sebagai upaya mendeteksi Dini Penyakit Kronis sekaligus mengukur sejauh mana kesehatan fisik dari anggota Polri.

Pelaksanaan rikes berkala ini lanjut Kapolres Belu, diikuti sebanyak 114 personil Polri yang terdiri dari 85 personil Polres Belu dan 29 personil Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu.

"Dari Perwira hingga Bintara wajib ikut karena manfaaatnya sangat besar. Seandainya Kita ada penyakit dalam, maka Kita segera lakukan pengobatan daripada dibiarkan, tahu-tahu sudah akut, maka resiko yang diterima akan cukup besar seperti tiba-tiba stroke, serangan jantung ataupun gula darah naik"urai Kapolres Belu.

"Pemeriksaannya cukup lengkap, dari tensi darah, timbang berat badan, pengambilan sampel urin dan darah, periksa gigi, THT, rontgen, hingga rekam jantung. Personil juga tidak perlu buang-buang biaya besar untuk menjalani serangkaian tes ini dan hasil (pemeriksaan) ini sendiri bisa segera di ketahui dalam 1 minggu kedepan"pungkas Kapolres Belu.