Deteksi Dini Penyakit Kronis, Bid Dokkes Polda NTT Gandeng Klinik Asa Gelar Rikes Berkala Di Polres Belu

Deteksi Dini Penyakit Kronis, Bid Dokkes Polda NTT Gandeng Klinik Asa Gelar Rikes Berkala Di Polres Belu

Ratusan personil Polres Belu dan Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, menjalani pemeriksaan kesehatan berkala, kamis (31/3/2022).

Rikes berkala yang diadakan oleh Bidang Dokter dan kesehatan (Bid Dokes) Polda NTT bersama tim dari Laboratorium Klinik Asa Kupang, dilaksanakan di aula Bhayangkari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Adapun Tim Pelaksana rikes berkala dari Biddokes Polda NTT terdiri dari Kompol dr. N. G. Anom Dwiworo TB, Sp. Rad, didampingi Iptu Imanuel Y. Anin dan Bripda Anggriani K. M. Ola Amd. Kep bersama Tim Laboratorium Klinik Cv. ASA Kupang berjumlah 14 Orang.

Dari pantauan Humas pagi tadi pukul 08.00 wita, usai melakukan tensi darah, ratusan anggota Polres Belu dan Brimob menjalani sejumlah pemeriksaan meliputi pengambilan darah dan urine, pemeriksaan fisik dan mata, foto rontgen, Ondotogram/gigi, Tredmil/ECG dan juga kesehatan jiwa (keswa).

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K kepada Humas mengungkapkan, kegiatan Rikes berkala ini sangat besar manfaatnya sebagai upaya mendeteksi Dini Penyakit Kronis sekaligus mengukur sejauh mana kesehatan fisik dari anggota Polri.

Pelaksanaan rikes berkala ini lanjut Kapolres Belu, diikuti sebanyak 155 personil Polri yang terdiri dari 115 personil Polres Belu dan 40 personil Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu.

"Dari Perwira hingga Bintara wajib ikut karena manfaaatnya sangat besar. Seandainya Kita ada penyakit dalam, maka Kita segera lakukan pengobatan daripada dibiarkan, tahu-tahu sudah akut, maka resiko yang diterima akan cukup besar seperti tiba-tiba stroke, serangan jantung ataupun gula darah naik"urai Kapolres Belu.

"Pemeriksaannya cukup lengkap, dari tensi darah, timbang berat badan, pengambilan sampel urin dan darah, periksa gigi, THT, rontgen, hingga rekam jantung. Personil juga tidak perlu buang-buang biaya besar untuk menjalani serangkaian tes ini dan hasil (pemeriksaan) ini sendiri bisa segera di ketahui dalam 2 minggu kedepan"lanjut Kapolres Belu.