Cegah Gangguan Saat Misa Natal, Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor Belu Lakukan Sterilisasi di Gereja

Cegah Gangguan Saat Misa Natal, Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor Belu Lakukan Sterilisasi di Gereja

Jelang dimulainya misa natal di kabupaten Belu, personil Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor Belu pada kamis (24/12/2020), melakukan Sterilisasi di sejumlah Gereja besar di kota Atambua.

Dari laporan yang diterima Humas, pelaksanaan sterilisasi dilakukan pagi dan sore hari, tepatnya sebelum umat melaksanakan ibadah misa.

Di Gereja Polycarpus Atambua, pelaksanaan sterilisasi berlangsung pagi tadi pukul 05. 30 wita. Sementara di Gereja Katolik Kathedral Atambua, sterilisasi dilakukan siang tadi pukul 12.30 wita.

Seperti yang dilaporkan oleh Kapos Pam di dua gereja besar tersebut, anggota Brimob dengan menggunakan alat pendeteksi bahan peledak, mendeteksi Setiap sudut ruangan di dalam dan luar gereja, termasuk tempat bunga, karangan bunga, dan Altar.

Sterilisasi yang dilakukan, kata Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, sebagai langkah preventif pengamanan untuk memberikan rasa aman dan nyaman umat yang melaksanakan Misa.

Dalam pelaksanaan sterilisasi pagi dan siang tadi lanjut Kapolres, tidak ditemukan adanya benda mencurigakan ataupun bahan peledak, baik di dalam maupun luar Gereja.

“Ini bentuk langkah preventif Kita agar tidak ada gangguan sekecil apapun saat pelaksanaan Misa. Tidak hanya hari ini, sterilisasi akan Kita giatkan selama ibadah Natal dan Misa penghujung tahun” urai Kapolres Belu.

"Selain jaminan keamanan melalui sterilisasi, Kami dengan didukung rekan-rekan TNI dan instansi terkait lainnya, akan berjibaku memberikan yang terbaik untuk pelaksanaan ibadah Natal ini dengan turun pengamanan di gereja-gereja sekaligus mengimbau masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti ibadah. Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan harus betul-betul dilaksanakan supaya terhindar dari penularan covid-19"pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan operasi Lilin Turangga kali ini, sebanyak 250 personel gabungan diterjunkan guna mengamankan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Personil gabungan ini terdiri dari Polres Belu, Brimob, Kodim 1605/Belu, Senkom mitra Polri, Dinas Perhubungan Belu serta Sat Pol PP Belu.

Operasi Lilin Turangga ini sendiri dilaksanakan selama 15 hari, dimulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.