Bersama Hijaukan Bumi, Polres Belu Bareng TNI dan Ikatan Jurnalis TV Indonesia Gelar Aksi Tanam 1000 Pohon di Tapal Batas

Bersama Hijaukan Bumi, Polres Belu Bareng TNI dan Ikatan Jurnalis TV Indonesia Gelar Aksi Tanam 1000 Pohon di Tapal Batas

Personil Polsek Tasifeto Barat Resor Belu bersama jajaran TNI dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Propinsi NTT,  menggelar aksi tanam 1000 pohon diwilayah tapal batas RI-RDTL tepatnya di Alas Moruk, desa Nanaet, kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu, jumat (2/12/2022).

Gerakan penghijauan pagi tadi pukul 08.00 wita, diikuti Camat Nanaet Duabesi, Pastor Paroki Hati Kudus Yesus Laktutus, Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim beserta anggota, Danramil Halilulik beserta anggota dan Ketua IJTI NTT, Stefanus Dile Payon.

Gerakan penghijauan dengan moto " Bersinergi Membangun Tapal Batas RI - RDTL " dan Hijaukan Bumi ini, juga diikuti Danpos Satgas Pamtas RI - RDTL Laktutus ( Auren ) dan anggota, Danpos Brimob Laktutus, anggota Pos PAM Laktutus, para kepala desa, Para Kepala Sekolah SD dan SMP, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta Anggota THS - THM dan OMK.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim mengungkapkan, aksi tanam 1000 pohon dilakukan di wilayah yang rawan longsor dan banjir jalan utama menuju perbatasan RI-RDTL laktutus.

Dalam aksi 1000 pohon tersebut, pihaknya bersama instansi terkait dan elemen masyarakat yang hadir, berhasil menanam 2500 anakan pohon jenis jambu air, mahoni, serta Kapok hutan.

"Kegiatan aksi Tanam 1000 pohon ini merupakan Sinergitas Ikatan Jurnalis TV Indonesia bersama TNI, Polri, Tokoh Agama dan Masyarakat Nanaet Duabesi, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kondisi lingkungan yang mengalami kerusakan akibat ulah manusia maupun akibat peristiwa alam"ungkap Kapolsek Tasifeto Barat.

"Dan dipilihnya lokasi ini untuk penanaman karena daerah ini sering atau rawan longsor yang bilamana parah bisa mengakibatkan putusnya akses jalan menuju kecamatan Nanaet Duabesi"ungkap Kapolsek Tasifeto Barat.

Lebih lanjut, Kapolsek menambahkan, pihaknya berharap masyarakat di wilayah tersebut, mau menjaga dengan baik, agar anakan tersebut bisa tumbuh subur sehingga kelestarian hutan akan tetap terjaga.

“Mudah-mudahan anakan yang sudah ditanam ini dapat dirawat oleh masyarakat sehingga bisa tumbuh besar dan berguna untuk kelangsungan hidup generasi sekarang dan berikutnya” harap Kapolsek.

Selain aksi tanam 1000 pohon, Kapolsek Tasfifeto Barat di hari yang sama, bergerak bersama ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, menyalurkan paket sembako untuk warga desa Nanaet.