Berjalan Kaki Susuri Lembah dan Bukit, Polsek Tasifeto Barat bersama Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY Gelar Patroli Cegah Tindak Kejahatan di Batas Negara

Berjalan Kaki Susuri Lembah dan Bukit, Polsek Tasifeto Barat bersama Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY Gelar Patroli Cegah Tindak Kejahatan di Batas Negara

Dalam rangka penanggulangan dan penindakan terhadap pelaku kejahatan lintas batas antar negara, Kepolisian Sektor Tasfieto Barat (Tasbar) Resor Belu mengelar patroli gabungan bersama Pos Satgas Nanaenoe Pamtas 742/SWY, senin (4/12/2023).

Patroli perbatasan ini dihadiri Kapolsek Tasifeto Barat, Ipda Sam Ihim, Danpos Satgas Nanaenoe Pamtas 742/SWY,Letda Mahandiva Archi, Kapospam Nenuk, Kapospam Laktutus, Anggota Polsek Tasbar serta anggota Satgas Pamtas pos Nanaenoe 742/SWY.

Bergerak dari siang pukul 13.40 WITA hingga sore hari, aparat Polri-TNI dengan bersenjata lengkap dan membawa bendera merah putih, menggelar patroli jalan kaki dengan menyusuri sepanjang area patok pembatas di lembah sepanjang batas Nanaenoe-Timor Leste di Kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu.

Meski harus melewati lereng bukit dan lembah bahkan menyusuri sungai-sunagi kecil untuk mencapai garis batas, anggota Polri-TNI  tetap semangat melaksanakan patroli di wilayah yang berbatasan langsung dengan Fatumean, Distrik Kovalima, Timor Leste.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K melalui Kapolsek Tasbar, IPDA Sam Ihim mengatakan, kegiatan (patroli) ini dilaksanakan sebagai langkah cipta kondisi dalam memberikan jaminan rasa aman serta memastikan keberadaan patok-patok batas dalam keadaan utuh dan tidak adanya gangguan kamtibmas di wilayah yang menjadi pemisah antara kedua negara.

"Tujuan dari kegiatan patroli perbatasan dan pengecekan patok batas oleh kami bersama rekan-rekan TNI dari Pamtas 742/SWY adalah untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan, serta memperkuat kontrol dan pemantauan terhadap pergerakan orang dan barang di sekitar perbatasan"ungkap Kapolsek.

"Kita pastikan keberadaan patok-patok batas wilayah yangirusak ataupun dipindahkan dan selalu dalam posisi yang tepat. Dengan patroli ini, diharapkan dapat menekan masuknya orang atau barang ilegal, serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di sekitar wilayah perbatasan yang mana perbatasan ini juga merupakan salah satu bagian dari wilayah Hukum Polres Belu"tambah Kapolsek.

Selain memastikan wilayah perbatasan dalam keadaan aman, patroli gabungan ini digelar untuk memupuk kekompakkan diantara TNI-Polri yang bertugas di tapal batas.

"Tentunya dalam bertugas di perbatasan, hal utama yang dibutuhkan adalah sinergitas atau kekompakan antara sesama aparat keamanan karena sinergitas merupakan sebuah pondasi kuat dalam upaya menjaga wilayah NKRI dari berbagai ancaman dari luar"ungkap Kapolsek Tasbar.

“Dan hingga detik ini, sinergitas kami bersama rekan-rekan TNI baik dari Satgas Pamtas maupun Koramil terjalin dengan sangat baik sampai saat ini. Terutama dalam bersama menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif seperti yang sekarang ini ditunjukkan dengan menggelar patroli gabungan di wilayah perbatasan"pungkas mantap Kaur Bin Ops Narkoba Polres Nagakeo ini.