Bakti Religi Sambut HKGB ke 71, Kapolres Belu bersama Ketua Bhayangkari Pimpin Anggota Bersihkan Tempat Ibadah

Bakti Religi Sambut HKGB ke 71, Kapolres Belu bersama Ketua Bhayangkari Pimpin Anggota Bersihkan Tempat Ibadah
Kapolres Belu Ketua Bhayangkari Pimpin Anggota Kerja Bakti di Gereja Polycarpus Atambua

Menyambut Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 71, tanggal 19 oktober 2023 mendatang Pengurus Cabang Bhayangkari Belu menggelar bakti sosial di tempat ibadah, jumat (29/9/2023).

Kegiatan bakti sosial yang dlaksanapuku 08.30kan WITA, ditandai dengan apel pemberangkatan yang dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang dihadiri Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Vonny Simanjuntak, Pejabat Utama serta Perwira Staf Polres Belu.

Hadir juga dalam bakti religi pagi tadi antara lain Pengurus Cabang dan Ranting Bhayangkari Belu serta personel Polri dan ASN dari berbagai satuan fungsi

Dari pantauan Humas, kerja bakti dilakukan di 4 (empat) tempat ibadah di kota Atambua antara lain, Gereja Kathedral, Mesjid Al-Mujahiddin, Gereja Polycarpus dan Pura Atambua Nantha.

Bersih-bersih tempat ibadah dilaksanakan pada waktu yang bersamaan dimana anggota sebelum berangkat, telah diatur dengan lokasi kerjanya supaya masing-masing anggota mempunyai tanggung jawab ditempat yang di telah ditentukan.

Tidak hanya perintah,Kapolres Belu bersama Ketua Bhayangkari Cabang Belu pun tidak segan untuk ikut melaksanakan kerja bakti dengan membersihkan lingkungan tempat ibadah.

Menggunakan sapu lidi, karung dan juga tong sampah, Kapolres Belu dan istri bersama-sama Perwira, Brigadir dan ASN Polri, membereskan sampah-sampah yang ditemui lalu mengumpulkannya di tempat sampah dan ada juga yang langsung dibakar.

Rumput-rumput yang tinggi langsung dicabut, sampah-sampah yang berserakan memenuhi halaman, dipungut lalu di buang ditempat sampah dan ada juga yang langsung dibakar.

Kapolres Belu saat ditemui di Pura Nanta Tenukiik di sela bakti religi mengatakan,kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekaligus mengajarkan toleransi dalam perbedaan di masyarakat.

“Bakti Religi ini kita tidak terfokus di tempat ibadahnya masing-masing, jadi semua anggota Polri dan Bhayangkari berbaur bersama melaksanakan kerja bakti di 4 tempat ibadah. Ini Kita tunjukkan bahwa di Polres Belu toleransi antar umat beragama cukup bagus."ungkap Kapolres Belu.

“Dan kegiatan bakti religi seperti ini sudah Kita lakukan secara bersinambungan, tidak saja saat menyambut HKGB tapi juga di hari-hari besar lainnya seperti HUT Bhayangkara maupun peringatan hari besar agama seperti Idul FItri, Natal maupun hari raya Nyepi”tutup Kapolres Belu.