Apelkan Seluruh Personel, Kapolres Belu Pastikan Polri Siap Jaga Kondusivitas Kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste

Apelkan Seluruh Personel, Kapolres Belu Pastikan Polri Siap Jaga Kondusivitas Kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste

Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi kunjungan bersejarah Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik, yang dijadwalkan akan tiba pada 3 September 2024. 

Selepas dari Indonesia, Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus dijadwalkan akan menuju Timor Leste pada 9-11 September 2024.

Kunjungan Paus Fransiskus di Timor Leste dipastikan menggugah animo masyarakat Katolik di kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan negara tersebut, untuk bergerak melintasi negara demi menjumpai pimpinan tertinggi umat Katolik dunia tersebut.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K saat memimpin apel pengecekan kesiapan pengamanan kunjungan Paus di Timor Leste, senin (2/9/2024) di lapangan Mapolres Belu.

"Untuk rekan-rekan ketahui, Paus Fransiskus selepas dari kunjungannya di Jakarta, akan melakukan lawatan ke Timor Leste pada tanggal 9-11 september. Berkaitan dengan itu, hari ini Saya kumpulkan dan cek seluruh personel baik Polres maupun Polsek jajaran sebagai bentuk kesiapan kita di wilayah perbatasan dalam menjamin keamanan serta mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi"ungkap Kapolres Belu.

"Karena diprediksi ribuan umat katolik dari NTT akan melaksanakan pelintasan menuju Dili, Timor-Leste untuk mengikuti Misa Kudus. Meskipun Kegiatan rohaninya di Timor Leste, kita harus tetap siaga mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi terutama keselamatan dan kenyamanan umat yang pergi maupun pulang dari Timor Leste"tambahnya.

Kapolres Belu menambahkan, pengecekan ini sangat penting, sehingga sebelum dan saat hari H kunjungan Paus di Timor Leste, personil maupun kendaraan bisa dilibatkan secara maksimal untuk pengamanan di pintu perbatasan maupun pengawalan umat dari Atambua menuju pintu perbatasan.

"Kita tidak boleh underestimate, waspada setiap potensi ancaman sekecil apapun yang dapat mengganggu jalannya kegiatan pengamanan internasional. Saya minta rekan-rekan lakukan maping kerawanan terhadap potensi yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas. Kemudian rekan-rekan lantas dan juga dari polsek perbatasan, agar segera mempersiapkan diri dan jalin kordinasi dengan rekan-rekan TNI untuk melakukan pengamanan dan pengawalan umat yang melintas ke Timor Leste"tegas Kapolres Belu.

"Rekan-rekan Bhabinkamtibmas yang di Polsek, segera turun dan berikan pesan kamtibmas kepada masyarakat khususnya yang akan mengikuti misa kudus di Timor Leste agar selama disana dapat mematuhi aturan yang berlaku disana sehingga tidak menimbulkan masalah"tambah Kapolres Belu.

Apel pengecekan yang dilaksanakan pukul 08.00 wita ini dihadiri para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Perwira Staf, Personel Polres Belu, perwakilan Polsek dan Polsubsektor jajaran serta ASN Polri Polres Belu.