Wakili Kapolres Belu, Kabag Sumda Pimpin Upacara Pemakaman Almarhum Purn. Fransisco Vereira

Wakili Kapolres Belu, Kabag Sumda Pimpin Upacara Pemakaman Almarhum Purn. Fransisco Vereira

Kepolisian Resor Belu menggelar Upacara pemakaman Almarhum Ajun Inspektur Polisi Satu (AIPTU) Purnawirawan, Fransisco Vereira, kamis (26/11/2020).

Upacara secara kedinasan yang digelar pukul 10.40 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si yang diwakili Kabag Sumda, KOMPOL Alfonsus Hale Mau, dengan komandan Upacara, IPDA Gaspar Manit.

Sebelum jenazah diberangkatkan ke tempat pemakaman, rangkaian upacara diawali dengan penyerahan jenazah oleh keluarga kepada Inspektur Upacara untuk dimakamkan secara kedinasan, yang berlangsung di rumah duka, dusun Webutak, Sukabitetek, desa Leontolu, Kec. Raimanuk, kab  Belu.

Kapolres Belu dalam amanat singkatnya yang dibacakan Inspektur Upacara mengungkapkan, selama bertugas di Kepolisian hingga memasuki purna bakti, Almarhum telah melaksanakan tugasnya secara baik dimanapun ia ditempatkan.

Lanjutnya, Almarhum telah memberikan kesan dan penilaian yang sangat positif, begitu juga pandangan masyarakat terhadap Almarhum sangat baik, sehingga hal ini dapat menjadi suri tauladan bagi anggota Polri dan masyarakat.

“Selama aktif di kepolisian, Almarhum memiliki karir yang cukup baik. Almarhum adalah salah satu anggota Polri yang patut dihargai, dihormati, terutama melaksanakan tugas di Kepolisian dimanapun ia ditempatkan, karena memiliki dedikasi yang tinggi, loyalitas dan semangat kerja yang tinggi “ungkap Kabag Sumda.

“Saya atas nama Pimpinan dan seluruh keluarga besar Polri Polres Belu serta Bhayangkari, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Almarhum. Harapan dan doa Kami, semoga Arwah Almarhum dapat diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan amal bhaktinya”harap Kabag Sumda.

Menutup sambutannya, Irup berharap kiranya keluarga selalu mendapat penghiburan dan keteduhan iman dalam menata hidup sehari-harinya.

Pemakaman Almarhum AIPTU Purn.Fransisco Vereira siang tadi berlangsung di pemakaman keluarga di dusun Kotasukaer, Sukabitetek.

Seluruh tamu undangan, memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah diturunkan ke liang lahat yang diiringi dengan tembakan Salvo oleh satu regu Dalmas Sat Samapta Polres Belu.

Upacara kedinasan Polri dihadiri Kapolsek Raimanuk beserta anggota dan Bhayangkari,  Kapolsek Tasifeto Barat beserta anggota dan Bhayangkari, Brigadir dan ASN Polri Polres Belu serta ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan.

Untuk diketahui, Almarhum AIPTU Purn.Fransisco Vereira lahir di Dili, Timor Leste, pada tanggal 9 september 1958.

Almarhum yang pensiun pada tahun 2017 dengan jabatan terakhir sebagai Kasium Polsek Tasifeto Barat, meninggal dunia pada hari senin, 23 november 2020 di RS Sito Husada Atambua karena sakit.

Kepergian Almarhum untuk selama-lamanya, meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga khususnya istri, 3 orang anak perempuan dan 12 cucu.