Turun Penuh, Anggota Polres Belu Sukses Amankan Debat Putaran Kedua Paslon Pilkada Belu tahun 2020

Turun Penuh, Anggota Polres Belu Sukses Amankan Debat Putaran Kedua Paslon Pilkada Belu tahun 2020

Ratusan personil Polres Belu melaksanakan pengamanan debat terbuka tahap kedua bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020 di ball room hotel Matahari Atambua sabtu (5/12/2020).

Sebelum terjun ke lapangan, sebanyak 73 personil yang terlibat pengamanan ditambah perangkat operasi mantap praja turangga 2020, melaksanakan apel kesiapan di Mapolres yang dipimpin Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH.

Usai apel, personil pengamanan kemudian turun ke beberapa titik pengamanan antara lain luar dan dalam Ballroom hotel Matahari (lokasi debat),  persimpangan toko union, persimpangan BRI Cabang Atambua serta melakukan patroli mobile.

Sebelum kegiatan debat terakhir Pilkada ini dimulai, anggota kepolisian didukung jajaran Kodim 1605 Belu dan Satgas Pamtas RI-RDTL Yon RK 744/YSB, sudah tampak berjaga-jaga di dalam dan diluar balroom hotel matahari serta menutup sejumlah persimpangan jalan menuju hotel.

Personil Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor Belu pun diturunkan dengan melakukan sterilisasi di dalam dan di luar Ballroom hotel sebelum kegiatan debat berlangsung.

Protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin dimana para tamu undangan yang ditentukan KPU termasuk para Paslon, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum memasuki aula ballroom.

Sesuai pantauan Humas, kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WITA diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia, dilanjutkan dengan doa oleh oleh Romo Isno, Pr serta sambutan oleh Ketua KPUD Kab. Belu yang diwakili anggota KPUD Kab. Belu, Yosafat Koli.

Debat terbuka kali ini mengusung materi tema debat yakni ekonomi, infrastruktur, ketahanan nasional, penegakan hukum, dan pemberantasan korupsi.

Acara debat sesuai yang disampaikan Moderator Maryanti Luturmas Adoe, terbagi dalam lima segmen. Pertama para paslon diminta memaparkan visi misi. Dilanjutkan segmen kedua pendalaman visi dan misi. Segmen ketiga saling debat antara calon bupati dan saling debat antara calon wakil bupati.

Segmen empat saling debat antar pasangan calon dan segmen  terakhir, pasangan calon diminta untuk memaparkan komitmennya untuk meyakinkan masyarakat memilih.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si yang turun mengikuti jalannya debat mengungkapkan, pengamanan dilakukan pihaknnya bertujuan mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas sebelum, selama dan sesudah kegiatan.

Dirinya bersyukur, pelaksanaan tahapan kampanye yang ditutup dengan debat putaran kedua ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, menggunakan masker, mengukur suhu dan mencuci tangan.

"Pengamanan kali ini bukan saja terfokus pada kamtibmas yang kondusif, tapi juga kepatuhan protokol kesehatan wajib dilaksanakan semua pihak yang hadir dalam kegiatan ini"kata Kapolres Belu.

"Dan sesuai harapan Kita bersama, kegiatan kampanye selama 71 hari yang ditutup dengan debat hari ini berjalan lancar. Semua yang hadir hari ini betul-betul menerapkan protokol kesehatan dan tidak adanya kerumunan massa"pungkas Kapolres Belu.