Terjun Langsung, Gerai Vaksin Presisi Polres Belu Layani Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas

Terjun Langsung, Gerai Vaksin Presisi Polres Belu Layani Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas

Strategi jemput bola (door to door) saat ini terus dimaksimalkan oleh jajaran Polres Belu untuk percepatan terbentuknya herd immunity melalui vaksinasi di tengah pandemi Covid-19.

Kali ini, Gerai Vaksin Presisi Polres Belu melaksanakan vaksinasi ccovid-19 secara door to door ke rumah warga, khususnya warga penyandang disabilitas di panti Tuna Netra Sumber Kasih, Kuneru, RT.12, RW 04, Kel. Manumutin, Kec. Atambua Kota, Kab. Belu, sabtu (16/10/2021).

Dari pantauan Humas di lapangan, sebelum melaksanakan vaksin Covid-19, masyarakat dilakukan tensi darah terlebih dahulu serta observasi kesehatan yang dilayani vaksinator atau tenaga medis Klinik Pratama Sanika Satawada Polres Belu.

Selain pemberian vaksin kepada penyandang disabilitas, pemberian vaksin juga diberikan kepada warga setempat yang belum mendapatkan vaksin.

Kegiatan vaksinasi tersebut dipantau langsung Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang didampingi Wakapolres Belu, KOMPOL Fajar V.Sjarifuddin, S.I.K, Kabag Ops, Kasat Binmas serta Kasi Humas Polres Belu.

Kepada awak media yang hadir, Kapolres Belu mengatakan, vaksinasi door to door di gelar pihaknya, bertujuan memfasilitasi masyarakat yang kesulitan mendatangi gerai vaksinasi karena berbagai faktor salah satunya adalah karena kondisi kesehatan.

Dirinya menambahkan, pemberian vaksin Covid-19 khusus bagi para penyandang disabilitas merupakan bukti nyata pelayanan kepolisian kepada seluruh kalangan masyarakat.

"Upaya percepatan herd immunity terus kami lakukan dimana setiap harinya kami membuka vaksin gratis untuk masyarakat. Dan hari ini kami melakukan door to door, membantu saudara-saudara kita yang mengalami keterbatasan fisik untuk mendapatkan vaksin"kata Kapolres belu.

"Karena bagi kami, mereka tetap mendapat prioritas sebagai penerima vaksin Covid-19. Karena para penyandang disabilitas ini juga memiliki hak yang sama untuk tetap hidup sehat dan terhindar dari infeksi Covid-19," tambah Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu juga mengajak masyarakat yang belum mendapatkan vaksin, untuk mendatangi gerai vaksin presisi yang di helat di lapangan basket area lapangan umum Atambua.

"Bapak ibu, adik-adik yang belum divaksin, jangan kuatir karena sebentar sore hingga malam, kami membuka kembali vaksinasi gratis di lapangan basket. Jam 5 sore sudah dibuka, jadi silahkan ajak keluarga atau teman-teman yang belum di vaksin dengan membawa ktp atau kartu keluarga"ajak Kapolres Belu.

"Sebelum di vaksin, jangan lupa makan dulu. Pesan Saya, yang sudah di vaksin hari ini ataupun yang belum di vaksin agar tetap patuhi protokol kesehatan. Kemana-mana jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan karena virus covid-19 ini masih ada dan mudah menyerang siapa saja"pesan Kapolres Belu.

Ketua Tuna Netra Sumber Kasih, Emmanuel Mau Bria, sangat mengapresiasi pelayanan vaksinasi yang diberikan Polres Belu kepada warga khususnya penyandang disabilitas seperti dirinya.

Dia mengaku sangat ingin divaksin agar terhindar dari dampak mematikan Covid-19, namun selama ini terkendala akibat penyakit tuna netra yang diderita dirinya sejak kecil.

"Saya atas nama ketua kelompok Tuna Netra Sumber Kasih, mengucap terima kasih Kepada Bapak Kapolres Belu berserta anggota yang meluangkan waktu hadir disini dan membantu kami kelompok tuna netra untuk mendapatkan vaksin covid-19" kata Emmanuel Bria.

"Saya bangga sekali dengan adanya layanan ini. Kini kami akan memiliki antibodi yang kuat untuk menangkal Covid-19.Mumpung ada layanan yang baik dari Polres Belu seperti ini, mari kita manfaatkan agar kita tidak menyesal di kemudian hari"ajak Emmanuel Bria kepada masyarakat.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita, sebanyak 40 orang warga mendapatkan Vaksin CoronaVac tahap I dengan perincian 10 Dosis penyandang Disabilitas dan 30 Dosis Mayarakat Kelurahan Manumutin.