Terbagi dalam Dua Rute, Parade Kebangsaan yang Menyedot Perhatian Ribuan Warga di Jaga Ketat Personel Polres Belu

Terbagi dalam Dua Rute, Parade Kebangsaan yang Menyedot Perhatian Ribuan Warga di Jaga Ketat Personel Polres Belu

Dalam menyongsong hari ulang tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah daerah kabupaten Belu menggelar Parade Kebangsaan, sabtu (13/8/2022).

Peserta parade kebangsaan siang tadi pukul 14.20 wita dilepas secara resmi oleh Bupati Belu dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, yang didampingi Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, Dandim 1605 Belu, Kepala Kejaksaan Negeri Atambua, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu serta pimpinan/perwakilan Instansi Vertikal dan Pimpinan OPD Pemkab Belu.

Berdasarkan pantauan Humas Polres Belu dilapangan, pelaksanaan parade kebangsaan ini di bagi dalam 2 (dua) rute dimana peserta dari kalangan anak-anak mengambil route yang dekat sementara remaja hingga dewasa mengambil route yang sedikit jauh.

Untuk peserta anak-anak Paud/TK dan SD Kelas 1 sampai 3, mengambil rute dekat yakni dari titik Star Lapangan umum menuju pertokoan pasar lama, cabang toko Samara belok kanan menuju Masjid Agung Al-Mujahiddin lurus menuju Simpang Lima dan Finish kembali di lapangan Umum.

Sementara peserta dari kelompok organisasi Masyarakat, Paguyuban/Etnis dan para pelajar (PAUD/TK, SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi) serta perguruan pencak silat maupun badan usaha, mengambil rute yang jauh dibandingkan kelompok anak-anak.

Adapun rute yang dilalui yakni dari titik Star Lapangan umum menuju pertokoan pasar lama lurus menuju Gereja Polycarpus kemudian menuju Pasar Baru, Cabang Toko Flora dan belok kanan menuju bank BRI Atambua.

Dari Bank BRI, peserta lurus menuju simpang Tugu PKK belok kanan menuju Rumah jabatan Bupati Belu kemudian belok kiri menuju Cabang SMA Suria Atambua.

Dari cabang SMA Suria, peserta belok kanan menuju cabang Sentral kemudian lurus menuju Gereja Katedral lalu belok kiri menuju SMKK Kusuma, lurus menuju Polres Belu dan Finish kembali di lapangan Umum.

Meriahnya parade kebangsaan ini menyedot perhatian ribuan masyarakat kota Atambua baik di garis star dan finish (lapangan umum Atambua) maupun di jalan-jalan yang dilintasi peserta parade.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran parade kebangsaan tersebut, Kepolisian Resor Belu menurunkan ratusan personilnya dengan pengamanan dipusatkan di lapangan umum Atambua dan ruas-ruas jalan yang dilalui peserta parade.

“Pengamanan Kita pusatkan dilapangan umum dan juga ruas-ruas jalan yang dilintasi peserta sesuai rute yang telah diatur. Semua fungsi kita libatkan untuk menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut, mulai dari Lalu lintas, Samapta, Intelkam, Reskrim, Bhabinkamtibmas hingga seksi gabungan”kata Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K saat dikonfimasi awak media.

“Selain penempatan personel di rute yang dilalui peserta, anggota lantas juga melakukan pengawalan serta dari anggota Reskrim dan Intelkam melekat dengan peserta parade dengan melakukan pengamanan tertutup dari star hingga finish”lanjut Kapolres Belu.

Kegiatan parade kebangsaan di wilayah tapal batas RI-Timor Leste tahun ini berakhir sekitar pukul 18.00 wita dalam keadaan aman dan lancar.

"Puji Tuhan secara umum kegiatan berjalan kondusif. Personil yang melaksanakan pengawalan dan pengamanan di titik-titik yang sudah kita atur, melaksanakan tugasnya secara baik dari awal hingga akhir kegiatan"ungkap Kapolres Belu.

"Dan kita juga mengapresiasi kepada peserta maupun ratusan masyarakat yang hadir menonton di lapangan maupun yang turun ke jalan-jalan dimana mereka kembali dengan tertib ke rumahnya masing-masing. Begitupun arus lalu lintas terpantau aman dan lancar"pungkas Kapolres Belu.