Terapkan Prokes, Polres Belu Gelar Binrohtal dan Halal Bihalal Idul Fitri 1442 H

Terapkan Prokes, Polres Belu Gelar Binrohtal dan Halal Bihalal Idul Fitri 1442 H

Demi meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan personil Polri dan ASN Polri kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kepolisian Resor Belu setiap hari kamis, menggelar kegiatan Bimbingan Rohani dan Mental (Binrohtal).

Selesai apel pagi pukul 08.00 wita, anggota Polres Belu yang beragama Islam, Katolik. Protestan dan juga Hindu, mengikuti Binrohtal di aula, Mushola Baiturrahman dan Gereja Oikumene Polres Belu yang berada di kompleks Mako Polres.

Kegiatan Binrohtal khususnya untuk umat Muslim Polres Belu kamis (20/5/2021) pagi tadi sedikit berbeda dimana dirangkai dengan halal bihalal yang berlangsung di Mushola Baiturrahman.

Acara Halal Bihalal ini dihadiri Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, Wakapolres, KOMPOL Fajar V.Syarifuddin, S.I.K, Ustad Abdul Hamid Suadi, S.Pd.I serta para Perwira dan Brigadir yang beragama Islam.

Acara yang dipandu oleh AIPDA M.Ramla, SH ini dibuka dengan gema kalam ilahi oleh BRIPTU Zulfikar, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh dan Tausyiah oleh Ustad Suardi.

Kapolres Belu dalam sambutannya mengungkapkan, dalam kaca mata Islam, Halal bihalal merupakan sebuah tradisi yang dilakukan sesudah hari lebaran untuk meningkatkan tali silaturahmi, persaudaraan dan saling memaafkan satu sama lain.

"Sudah menjadi program tetap kita setiap kamis pagi kita mengadakan Binrohtal, Dan hari ini kita sekaligus melaksanakan halal bihalal memperingati Idul Fitri 1442 H. Kita kumpul bersama, Kita perkuat tali silaturahmi sekaligus kita saling memaafkan satu sama lain" kata Kapolres Belu.

"Dan kedepan Saya minta pak Kasat Lantas selaku takmir mushola kita ini, supaya binrohtal ini terus digiatkan setiap kamis. Anggota muslim yang di Polsek pun harus hadir karena selain kita menyambung silaturahmi, kita juga menambah pengetahuan tentang agama, baik pengajian maupun mendengar firman-firman Allah dan hadist Nabi lewat tausyiah yang disampaikan oleh bapak-bapak Ustad yang kita hadirkan disini"pungkas Kapolres Belu.

Senada dengan Kapolres Belu, Ustad Abdul Hamid Suadi yang juga pengasuh Panti Asuhan Bina Bunga Bangsa dalam tausyiahnya mengatakan, hari raya Idul Fitri adalah hari kemenangan umat Islam dimana muslim beriman kembali menjadi fitrah/suci.

"Untuk itu, marilah kita semua memulai kembali berbuat baik dihari yang baik ini dengan terus memperkuat keimanan, termasuk memperbanyak sedekah dan menyambung tali silaturahmi" kata Ustad Suadi.

"Masing-masing pribadi juga senantiasa menyadari jika sebagai manusia tentu tak luput berbuat khilaf. Kita berupaya melapangkan dada, membuka hati dengan ikhlas dan saling memaafkan dengan berharap ridho Allah SWT "tambah Ustad Suadi.

Pelaksanaan Halal Bihalal yang dikemas sederhana ini tetap menerapkan anjuran protokol kesehatan dimana Kapolres Belu dan anggota tidak bersalaman bersentuhan tangan, saling menjaga jarak orang per orang dan menggunakan masker.