Sinergi Ringankan Beban Sesama, Polres Belu Bersama TNI, Kejaksaan dan ATC Salurkan Bantuan untuk Korban Longsor di Dua Kecamatan

Sinergi Ringankan Beban Sesama, Polres Belu Bersama TNI, Kejaksaan dan ATC Salurkan Bantuan untuk Korban Longsor di Dua Kecamatan
Kapolres Belu saat menyerahkan secara simbolis bantuan sosial untuk korban bencana longsor di kecamatan Lamaknen Selatan, sabtu 11 maret 2023

Semangat dan keikhlasan hati untuk berbagi kepada warga yang mengalami Bencana alam di kabupaten Belu ,terus dilakukan Kepolisan Resor Belu beserta jajarannya.

Hal ini kembali ditunjukan Polres Belu bersama Bhayangkari Cabang Belu dengan menggelar bakti sosial untuk korban bencana alam longsor di kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan, sabtu (11/3/2023).

Kegiatan Bakti Sosial kali ini bekerja sama dengan Satgas Pamtas RI-RDTL Yon Raider Khusus 744/SYB, Kejaksaan Negeri Atambua, Komunitas Atambua Trail Club (ATC), dan Persit KCK Yonif Raider khusus 744 / SYB .

Dari pantauan Humas, Bakti Sosial ini dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, Danyonif RK 744/SYB sekaligus Dansatgas Pamtas RI-RDTL, Letkol Inf Yudi Yahya dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Atambua, Samiaji Zakaria.

Turut ikut dalam rombongan baksos antara lain Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, Wadanyon RK 744/SYB, para Pejabat utama serta Perwira Staf Polres Belu, Ketua Bhayangkari Cabang Belu beserta pengurus, Ketua Persit KCK Yonif raider khusus 744 / SYB bersama Pengurus, anggota TNI Polri serta Komunitas ATC Belu.

Berangkat menggunakan kendaraan roda dua hingga roda enam milik TNI Polri, Kapolres Belu beserta rombongan bertolak dari Mako Polres Belu langsung menuju kecamatan Lamaknen Selatan.

Menyusuri jalanan berlumpur, bebatuan hingga harus melibas sungai-sungai kecil, tak mengurangi semangat rombongan bakti sosial dalam meninjau lokasi longsor sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban bencana.

Menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan,Kapolres Belu beserta rombongan tiba di Lokasi Posko Bencana Alam di dusun Foholulik, desa Lutharato, Kecamatan Lamaknen Selatan.

Kedatangan Kapolres Belu beserta rombongan sekitar pukul 12.00 wita, disambut hangat Camat Lamaknen Selatan, Kepala Desa Lutharato, para kepala dusun, tokoh adat, tokoh masyarakat serta para korban bencana alam.

Kegiatan baksos ini diawali dengan sambutan dari Camat Lamaknen Selatan yang mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Belu dan rombongan yang datang meringankan beban korban bencana alam di wilayahnya.

Camat Lamaknen Selatan pada kesempatan tersebut juga menyampaikan gambaran tentang bencana Alam yang melanda 8 desa di Wilayah Kecamatan Lamaknen Selatan, dengan jumlah keseluruhan korban bencana sekitar 164 kk dan 619 jiwa.

Sementara Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto mengatakan, bakti sosial yang dilaksanakan tersebut merupakan wujud kepedulian terhadap sesama dari TNI, Polri, Kejaksaan, Komunitas ATC, Bhayangkari Cabang Belu dan Persit KCK Belu.

Selain korban longsor di Lamaknen Selatan lanjutnya, bantuan sosial juga disalurkan ke masyarakat korban bencana alam lainnya di desa Kewar, kecamatan Lamaknen.

“Hari ini kami bersama-sama turun langsung menyerahkan bantuan kemanusiaan yang secara khusus kami salurkan untuk bapak ibu, kepala keluarga yang terdampak bencana alam akibat longsor yang tidak saja di sini (Lamaknen Selatan) tapi juga di desa Kewar, kecamatan Lamaknen"ungkap Kapolres Belu.

"Jujur, Hati ini sangat prihatin setelah mendengar kondisi para korban longsor yang pastinya sangat membutuhkan uluran tangan dari sesama. Harapan kami, semoga bantuan ini sedikit tidaknya bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memperlancar proses belajar mengajar anak-anak kita disini"lanjut Kapolres Belu.

Salah satu korban bencana alam, warga dusun Haulata, desa Lutharato, ketika menerima bantuan tersebut memberikan apresiasi kepada kelurga besar TNI Polri, Kejaksaan dan ATC Belu yang peduli kepada warga korban bencana.

"Terima kasih kepada Bapak Kapolres, Danyon, Kajari dan Ketua ATC karena sudah peduli kepada kami masyarakat kecil ini"kata salah satu warga penerima bantuan.

"Bantuan yang telah kami terima hari ini akan kami gunakan sebaik mungkin untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, maupun untuk bekal kami dalam membangun kembali rumah kami yang sudah rusak akibat longsor"lanjutnya.

Kegiatan baksos ini di tandai dengan penyerahan secara simbolis bantuan sosial dari Kapolres Belu, Kajari Atambua, Dansatgas  Pamtas RI- RDTL,Ketua Atambua Trail Club (ATC), Ketua Bhayangkari Cabang Belu, dan Ketua Persit KCK Yonif RK 744 / SYB.

Usai penyerahan secara simbolis, anggota Polres Belu bersama Yon RK 744/SYB, Polsek Lamaknen dan komunitas ATC, bahu membahu menurunkan bantuan dari atas mobil dan menyerahkan kepada Posko Bencana.

Untuk diketahui,adapun bantuan yang disalurkan kepada korban bencana alam antara lain semen 50 sak, Mie 140 dos, Beras 1 ton 250 kg, Aqua 50 dos, Roti Boni 25 ikat, Minyak goreng 9 dos, Sabun mandi 2 dos, Telur 35 ikat dan Sabun cuci 4 dos.

Bantuan lainnya yakni Minyak tanah 7 jirigen 35 liter, Biskuit 20 dos, Snack dos 100 paket, Alat tulis 30 set, Tas sekolah 30 buah, Buku tulis 15 lusin, Buku tulis 2 dos, Pulpen 5 lusin + 5 dos, Pensil 5 lusin, Gula 3 karung, Terpal 4 buah, Top kopi 10 dos, Minyak 4 dos, Perlengkapan mandi 3 lusin, Pampers ukuran M 2 dos L 2 dos serta Pembalut 2 dos.