Resmikan Kampung Tangguh, Kapolres Belu: Ini Strategi Mencegah Covid-19 dan Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Resmikan Kampung Tangguh, Kapolres Belu: Ini Strategi Mencegah Covid-19 dan Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si bersama jajaran Forkopimda Plus kabupaten Belu, meresmikan kampung tangguh dusun Baulenu, desa Manleten, Kec. Tastim, Kab. Belu, senin (8/3/2021).

Pencanangan kampung tangguh pagi tadi sekitar pukul 09.20 WITA, ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si bersama Dandim 1605 Belu, pejabat yang mewakili plh.Bupati Belu, Dansatgas Pamtas RI - RDTL Sektor Timur Yonif 742 / SWY, Anggota DPRD Kab. Belu, Ketua Pengadilan Negeri Belu, Kepala Kejaksaan Negeri Belu.

Dalam sambutannya, Kapolres Belu mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program 100 hari kerja Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si tentang peningkatan dan pengembangan program kampung tangguh untuk penanganan Covid-19 di seluruh daerah dalam wilayah NKRI.

Selain melakukan pencegahan covid-19, kampung tangguh Turangga Desa tanggap Covid-19 ini, juga melakukan pengembangan atas potensi yang ada di wilayah sekitar untuk membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang mana terjadinya kerjasama antara Kepala Desa, Babinkamtibmas dan Babinsa.

"Tujuan adanya kampung tangguh ini sesuai program bapak Kapolri, adalah sebuah strategi bagaimana kita menangani penderita covid-19 dan mencegah penyebaran covid sekaligus meningkatkan perokonomian masyarakat dengan cara menggali potensi yang ada di masyarakat" kata Kapolres Belu.

"Oleh karenanya, Saya mengharapkan kedepan kegiatan ini bukan hanya sekedar simbolis namun kedepan terus dibangun dan dikembangkan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat serta mencegah penularan covid-19"tambah Kapolres Belu.

Peresmian kampung tangguh dusun Baulenu ini, juga ditandai dengan pelepasan secara simbolis benih ikan Lele oleh Kapolres Belu bersama Dandim 1605 Belu, Dansatgas Pamtas RI - RDTL Sektor Timur Yonif 742 / SWY, Anggota DPRD Kab. Belu, Ketua Pengadilan Negeri Belu dan Kepala Kejaksaan Negeri Belu.

Selain kolam ikan lele, Kampung Tangguh dusun Baulenu juga dilengkapi dengan pembuatan posko penanggulangan Covid yang beranggotakan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perangkat kesehatan yang dilengkapi dengan APD dan lainnya untuk pendukung posko Covid-19.

Kepada awak media, Kapolres Belu menyampaikan, saat ini pihaknya telah menyiapkan Kampung tangguh binaan Polri di setiap Kecamatan yang ada di kabupaten Belu.

Dengan adanya Kampung Tangguh ini dirinya berharap bisa meningkatkan ketahanan pangan dan mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya seperti menjalankan Prokes 5 M itu sendiri dan ditambah lagi dengan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment).

"Di 12 kecamatan sudah kita siapkan kampung tangguh dan hari ini sudah kita launching 2 kampung tangguh yakni di Tasifeto Timur dan Raimanuk. Minggu ini kita rencanakan semua kampung tangguh bisa diresmikan"kata Kapolres Belu.

"Dan keberadaan Kampung Tangguh ini bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dan mendorong masyarakat untuk lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan sehingga masyarakat tidak mudah tertular dengan covid-19," tandas Kapolres Belu.

Turut hadir dalam giat tersebut antara lain Kapolsek Tasifeto Timur bersama anggota, Camat Tasifeto Timur, Danramil 1605 -  07 Wedomu, Para Kepala Desa Sekecamatan Tasifeto Timur, Kepala Puskesmas Wedomu dan Silawan serta tokoh masyarakat.