Ratusan Personil Polres Belu Amankan Aksi Damai Jilid 2 Forum Solidaritas Masyarakat Peduli Keadilan

Ratusan Personil Polres Belu Amankan Aksi Damai Jilid 2 Forum Solidaritas Masyarakat Peduli Keadilan

Ratusan personel Polres Belu, turun mengamankan aksi damai Forum Solidaritas Masyarakat Peduli Keadilan (FSMPK) Belu, selasa (19/7/2022).

Dari pantauan Humas dilapangan pagi tadi pukul 09.00 wita, puluhan massa bergerak dari titik kumpul sekretariat FSMPK di Wekatimun, kelurahan Umanen menuju ke kantor DPRD Belu.

Pergerakan peserta aksi damai menggunakan 1 unit roda enam (dump truk) dan belasan unit sepeda motor, di kawal ketat personil Sat Lantas serta Sat Intelkam dan Reskrim yang melakukan pengamanan terbuka dan tertutup.

Seperti aksi damai sebelumnya, peserta aksi menuntut pemerintah kabupaten Belu agar melihat kembali regulasi soal penerimaan tenaga kontrak daerah (Tekoda).

Sesuai dengan instruksi Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang hadir dilokasi, aparat kepolisian yang berjaga-jaga di pintu masuk kantor DPRD, melakukan pemeriksaan kepada perwakilan peserta aksi yang ingin memasuki ruang sidang utama DPRD Belu.

Aparat kepolisian dengan menggunakan Microphone, tidak henti-hentinya mengimbau peserta unjuk rasa agar menerapkan prokes dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak selama menggelar orasi.

Kepada awak media, Kapolres Belu mengatakan, dalam pengamanan ini pihaknya menurunkan sebanyak 200 personel, yang ditugaskan pada beberapa titik dengan melakukan pengamanan dan pengawalan pergerakan massa.

Selain personil, pihaknya juga menggerakkan satu unit water canon dan 1 unit Kendaraan Taktis (rantis) yang disiagakan di gedung DPRD Belu.

"Ada 200 personil kita turunkan dalam pengamanan aksi damai ini, terdiri dari personil Polres dan Polsek jajaran. Selain kantor DPRD, pengamanan kita fokuskan mulai dari titik kumpul massa di sekretariat FSMPK dan kantor Bupati. Rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Belu, juga kita tempatkan anggota disana guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Masing-masing titik ini dipimpin langsung perwira pengendali"jelas Kapolres Belu.

"Untuk mengantisipasi kemacetan dan laka lantas, Kita juga lakukan pengawalan peserta aksi dan setiap simpul-simpul jalan yang dilalui Massa, kita isi dengan personil lalu lintas. Water canon dan mobil rantis kita siagakan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan"pungkas Kapolres Belu.

Aksi unjuk rasa damai yang berujung dialog bersama Pimpinan dan anggota DPRD Belu, berakhir sekitar pukul 15.00 wita dalam keadaan aman dan lancar.