Pimpin Patroli Skala Besar, Kapolres Belu, Dandim dan Dansatgas Pamtas Bubarkan Kerumunan Massa Saat Malam Pergantian Tahun

Pimpin Patroli Skala Besar, Kapolres Belu, Dandim dan Dansatgas Pamtas Bubarkan Kerumunan Massa Saat Malam Pergantian Tahun

Dalam rangka pengamanan malam pergantian tahun, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si bersama Dandim 1605 Belu, Letkol Inf.Wiji Untono dan Dansatgas Pamtas RI - RDTL Yonif RK 744/SBY,Letkol Inf.Alfat Denny Andrian,memimpin patroli gabungan,kamis (31/12/2020) malam pukul 22.00 wita

Dari pantauan Humas dan beberapa awak media yang turun meliput, belasan mobil dan sepeda motor anggota TNI Polri, menyalakan lampu hazard, lampu strobo dan membunyikan sirine di sepanjang patroli gabungan tersebut di gelar.

Dalam patroli skala besar hingga jumat (1/1/2021) dini hari, Kapolres Belu bersama Dandim membubarkan kerumunan massa di beberapa titik di dalam kota Atambua tepatnya di depan kantor camat Atambua Selatan, kompleks Motabuik dan depan BRI cabang Atambua.

Dari tiga lokasi tersebut, aparat kepolisian dan TNI mengamankan tujuh orang warga yang mabuk-mabukkan di tepi jalan dan berusaha melawan petugas.Kepada awak media usai pelaksanaan patroli, Kapolres Belu mengatakan, perayaan malam tahun baru kali ini, sudah diimbau tidak ada kerumunan atau acara-acara yang berpotensi menimbulkan keramaian.

Bilamana ditemukan lanjut Kapolres Belu, maka pihaknya akan mengambil langkah tegas dengan membubarkan dan memproses sesuai hukum yang berlaku.

"Jauh dari perayaan malam tahun baru ini, Kami sudah rutin mengimbau dan melarang untuk berkerumun dan menggelar kegiatan pesta atau yang mendatangkan banyak massa karena saat ini kita lagi pandemi covid-19. Tadi ada 3 lokasi yang Kami bubarkan dan 7 orang kami amankan dan langsung kami angkut ke Polres karena sudah berkerumun, mabuk-mabukan dan melawan petugas saat dilakukan imbauan "kata Kapolres Belu.

"Sementara di titik-titik lain terpantau aman dan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya ramai pas malam pergantian tahun, malam ini arus lalu lintas lancar, tidak ada konvoi besar-besaran serta tidak ada kerumunan massa yang mencolok seperti perayaan sebelum-belumnya"pungkas Kapolres Belu.

Disamping patroli skala besar, aparat kepolisian sejak kamis (31/12/2020) malam pukul 22.00 wita, melakukan pengamanan di penggal-penggal jalan dan penyekatan di beberapa lokasi dan ruas jalan yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya massa setiap menjelang pergantian tahun.

Pengetatan pengamanan dan penyekatan ini jelas Kapolres Belu, juga dilakukan gabungan TNI Polri dimasing-masing kecamatan.

"Ada beberapa titik yang Kita tutup total seperti di jalur lapangan simpang lima, fronteira garden dan lokasi lainnya yang mana setiap tahunnya sering mengundang massa. Di simpul-simpul jalan kota Atambua, kita isi personil gabungan,termasuk di kompleks pasar lama dan pasar baru"terang Kapolres Belu.

"Begitupun di wilayah hukum Polsek (kecamatan), anggota Kita bersinergi dengan rekan-rekan TNI melakukan hal yang sama dengan meningkatkan pengamanan, patroli dan terus mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan. Langkah yang Kita lakukan ini terbukti efektif, dimana hanya segelintir masyarakat yang melanggar aturan protokol kesehatan namun secara umum perayaan tahun baru kali ini aman terkendali, baik di kota maupun di tingkat kecamatan"tutup Kapolres Belu.