Pimpin Patroli Gabungan Jelang Natal, Kapolres Belu Sempatkan Silaturahmi ke Pastor Paroki Atapupu

Pimpin Patroli Gabungan Jelang Natal, Kapolres Belu Sempatkan Silaturahmi ke Pastor Paroki Atapupu

Menjelang perayaan Natal tahun 2020, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, memimpin langsung patroli gabungan TNI Polri di wilayah tapal batas RI-RDTL, kamis (24/12/2020).

Berangkat dari Mapolres sekitar pukul 09.30 wita, Kapolres Belu yang didampingi Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie serta sejumlah pejabat utama Polres Belu dan Kodim 1605 Belu, menyisir wilayah kota Atambua, Motaain dan wilayah Atapupu, kecamatan Kakuluk Mesak, kabupaten Belu.

Di wilayah Atapupu, Kapolres Belu dan rombongan meninjau tempat wisata pasir putih dan menyempatkan waktu bersilaturahmi ke Pastor Paroki Stella Maris Atapupu, Romo Yoris Samuel Giri, Pr.

Dalam silaturahmi tersebut, Kapolres Belu mengucapkan selamat Natal dan tahun baru sekaligus meminta dukungan dari Pastor Paroki Atapupu, dalam mengimbau umatnya untuk menjaga kamtibmas dan mematuhi protokol kesehatan selama menjalankan ibadah dan menyongsong tahun baru 2021.

Kapolres Belu juga meminta pihak gereja untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat ibadah Natal dengan menyediakan alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, hand sanitizer, mengatur jarak duduk kursi dan lain-lainnya.

Permintaan Kapolres disambut positif Romo Yoris yang dengan senang hati akan mendukung TNI Polri dengan memberikan himbauan kepada seluruh umat Paroki Atapupu agar selama Perayaan Natal dan Tahun Baru, selalu menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dirinya juga menjelaskan, pihaknya telah memberlakukan aturan pembatasan jemaat yang hadir saat misa Natal dan malam penghujung tahun, sebagai langkah menekan penyebaran virus covid-19.

Romo Yoris juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres dan Dandim beserta jajarannyan yang telah mengawal dan menjaga seluruh tahapan pilkada, sehingga berjalan aman dan lancar sampai dengan saat ini serta tidak ada klaster baru covid-19.

Sekembalinya dari Atapupu, Kapolres Belu dan rombongan mengecek kesiapan anggota TNI Polri yang melaksanakan tugas di pos pengamanan dan pos terpadu operasi Lilin Turangga 2020.

 “Patroli ini sifatnya dialogis, intinya untuk memberikan jaminan rasa aman dan memastikan situasi Atambua dan wilayah di perbatasan dalam keadaan kondusif menjelang perayaan Natal. Dan hasil pengamatan Kami dilapangan, situasi secara umum aman terkendali” kata Kapolres Belu.

"Harapan Kami dan juga rekan-rekan TNI, situasi kondusif seperti ini akan terus terjaga hingga menyonsong tahun baru nanti. Masyarakat betul-betul menjaga kamtibmas dan mematuhi protokol kesehatan, baik saat perayaan ibadah maupun saat beraktivitas sehari-hari"pungkas Kapolres Belu.

Adapun Perwira TNI Polri yang mendampingi Kapolres Belu dalam patroli tersebut antara lain Kabag Sumda, Kasat Lantas, Kasat Intelkam, Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Kasat Samapta, Kasat Polairud dan Kasi Propam Polres Belu.