Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, Kapolres Belu Hadiri Upacara di Kantor Bupati Hingga Ziarah ke TMP Seroja Haliwen

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, Kapolres Belu Hadiri Upacara di Kantor Bupati Hingga Ziarah ke TMP Seroja Haliwen

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K bersama Sejumlah Pejabat Utama Polres, menghadiri Upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar di halaman Kantor Bupati Belu, rabu (10/11/2021).

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini dipimpin Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, dengan Komandan Upacara, Letnan Dua Cavaleri, Muhamad Azhar.

Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila oleh Irup dan diikuti seluruh peserta upacara.

Rangkaian upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh BRIPTU Ance Beis dan pesan-pesan pahlawan nasional oleh Briptu Sonia Noronha dan Briptu Gloriana E. Bona.

Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Belu menyampaikan, negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan.

"Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA. Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia" ajak Bupati Belu.

"Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua,” lanjutnya.

Masih dalam amanatnya, Menteri Sosial RI menyampaikan, tahun-tahun ini dan kedepan harus lebih maju dari tahun sebelumnya dan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan.

“Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan,” ajaknya.

"Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”pungkasnya.

Upacara ini dihadiri Dekan Fakultas Vokasi Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Brigjen TNI Dr (c) Agus Winarna, Wakil Dekan Fakultas Vokasi Unhan, Forkopimda Plus Kabupaten Belu, OPD kabupaten Belu, Para Pejabat Utama TNI/Pemda Belu.

Sedangkan barisan upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil Lingkup pemerintah Kabupaten Belu serta Mahasiswa Unhan.

Usai mengkuti Upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Belu, Kapolres Belu bersama Bupati Belu dan Forkopimda Plus kabupaten Belu, melanjutkan kegiatan Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja Haliwen Atambua.