Pasar Halilulik Kini Tidak Semrawut, Simak Apresiasi dari Tokoh Agama dan Pedagang Atas Terobosan Kapolres Belu Lewat Pasar UMKM

Pasar Halilulik Kini Tidak Semrawut, Simak Apresiasi dari Tokoh Agama dan Pedagang Atas Terobosan Kapolres Belu Lewat Pasar UMKM

Pasar Mingguan Halilulik yang berada tidak jauh dari Polsek Tasifeto Barat Resor Belu, bertahun-tahun terkenal dengan kemacetan dimana salah satu penyebabnya adalah banyaknya pedagang yang berjualan di bahu jalan dan diatas selokan sepanjang ruas jalan raya.

Para pedagang yang umumya berasal darii tiga kabupaten yakni kabupaten Belu, Malaka dan Timor Tengah Utara (TTU), terpaksa menjajakan barang jualanya di tempat yang tidak semestinya di karenakan kondisi pasar yang sempit dan tentunya tidak seimbang dengan banyaknya pedagang yang berjualan di pasar mingguan tersebut.

Setelah puluhan tahun menantikan tempat yang layak dalam mengais rejeki, akhirnya para pedagang bisa tersenyum manis dan bernapas lega setelah Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K menghadirkan terobosan dengan menghadirkan pasar UMKM dengan menggunakan lahan Polsek Tasifeto Barat.

Dari laporan yang diterima Humas, kamis (31/8/2023), pasar mingguan Halilulik yang puluhan tahun tidak mendapatkan solusi khususnya soal kemacetan kini tidak tampak lagi.

Arus lalu lintas sejak pagi hingga tutupnya pasar terlihat ramai namun lancar dan tertib. Para Pedagang kecil  yang biasanya berjualan di bahu jalan sudah menempati lokasi baru yang di siapkan persis di samping kantor Polsek Tasifeto Barat.

Bahkan Kendaraan-kendaran yang dulunya kesulitan melakukan bongkar muat barang dipinggir jalan, kini bisa leluasa melakukan aktivitasnya dengan menempati lokasi parkir yang disiapkan di seputaran Polsek yang bersebelahan langsung dengan pasar Halilulik.

Wakapolres Belu didampingi Kapolsek Tasifeto Barat saat memantau aktivitas masyarakat di pasar UMKM Polsek Tasifeto Barat

Noldy Jami salah satu pedagang yang ditemui media mengungkapkan rasa gembira atas terobosan dari Kapolres Belu bersama Kapolsek Tasifeto Barat yang telah menyediakan UMKM pasar halilulik.

”Kami sangat senang dengan tempat baru ini karena hasil jualan kami dapat dikunjungi para pembeli tanpa dilewati lagi seperti sebelumnya. Apresiasi untuk Polres Belu karena sangat inofatif memecahkan masalah kemacetan yang sudah terjadi sejak dari awal pasar ini berdiri” Ungkap Noldy

"Saya secara pribadi dan mewakili teman-teman semua menyampaikan limpah terima kasih semoga diberi kesehatan dan berkat yang berlimpah untuk Bapak Kapolres Belu serta Kapolsek Tasfieto Barat bersama anggotanya yang sudah membantu kami pedagang kecil terutama di pasar UMKM Polsek halilulik ini,”ungkapnya.

Hal yang sama disampaikan salah satu biarawati yang sedang mengunjungi pasar dan berdialog langsung bersama Wakapolres Belu KOMPOL I Putu Surawan, S.IP saat itu.

"Terima kasih kepada bapak Kapolres Belu yang sudah luar biasa membuat terobosan sehingga membuat lokasi Pasar Halilulik sudah lebih nyaman untuk dikunjungi. Sebagai tokoh agama kami sangat amat  terharu karena ditengah kesibukannya, bapak Kapolres masih memikirkan masyarakat kecil yang mencari nafkah di pasar ini"ungkap Biarawati.

"Hari ini kami betul - betul terharu sehingga sebagian besar dari kami bukan datang untuk belanja saja melainkan juga untuk melihat bagaimana kondisi terakhir pasar karena yang mana kami mendengar dari kemarin bahwa Pasar Halilulik sekarang sudah bagus sekali"lanjut Biarawati.

Menanggapi hal itu, Wakapolres KOMPOL I Putu Surawan, S.IP menyampaikan jika kedepan akan disediakan lapak dan sudah dalam perencanaan Bapak Kapolres Belu.