Pam Pengundian Nomor Urut Paslon, Kapolres Belu Tegaskan Anggota Jangan Ragu Bertindak Bila Ada Pergerakan Massa

Pam Pengundian Nomor Urut Paslon, Kapolres Belu Tegaskan Anggota Jangan Ragu Bertindak Bila Ada Pergerakan Massa

Pengundian nomor urut pasangan calon kepala daerah peserta Pilkada Belu tahun 2020 digelar Kamis (24/9/2020) hari ini.

Guna mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas sebelum, selama dan sesudah kegiatan, Kepolisian Resor Belu menerjunkan personilnya dengan melakukan pengamanan di lokasi kegiatan tepatnya di ballroom hotel Matahari, jalan Ade Irma Suryani, Atambua.

Sebelum turun ke lokasi, anggota Polres Belu yang terlibat dalam pengamanan, melaksanakan apel kesiapan yang dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si .

Dalam arahannya pagi tadi pukul 07.30 WITA, Kapolres Belu menegaskan anggota untuk tidak ragu-ragu mengambil tindakan bilamana menemukan pelanggaran selama kegiatan berlangsung.

Pelanggaran yang dimaksudkan disini lanjut Kapolres, kehadiran iring-iringan atau massa pendukung dalam pelaksanaan pengundian nomor urut paslon.

"Bila terdapat massa pendukung yang hadir, rekan-rekan lakukan tindakan preemtif. Berikan imbauan ke mereka untuk pulang kerumah. Kalau tidak dibubarkan maka akan mengganggu bahkan menunda jalannya kegiatan pengundian"kata Kapolres Belu.

"Dan larangan ini sudah jelas di atur dalam peraturan KPU (PKPU) no.13 tahun 2020. Dan Kita sebagai pihak keamanan, harus mendukung penuh aturan ini yang tujuannya agar tidak timbul klaster baru di tahapan Pilkada ini"lanjut Kapolres Belu.

Masih terkait dengan pengamanan, mantan Kapolres Sumba Barat ini menekankan para Perwira dan anggota agar mengimbau tamu undangan yang hadir untuk mengikuti standar protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (phsycal distancing).

"Sampaikan ke tamu yang hadir supaya wajib mematuhi 3M. Memakai Masker, Mencuci tangan dan menjaga jarak. Rekan-rekan yang melaksanakan tugas juga wajib menerapkan protokol kesehatan ini"kata Kapolres Belu.

"Dan ini Saya sampaikan menindaklanjuti penekanan bapak Wakapolri kemarin, bahwa setiap anggota Polri harus betul-betul memperhatikan aspek kesehatan di setiap tahapan Pilkada karena pandemi Covid-19 ini belum selesai"tegas Kapolres Belu.

Usai pelaksanaan apel, Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, memfloting anggota untuk beberapa titik pengamanan antara lain di dalam dan diluar Ballroom hotel Matahari, ruas jalan Ade Irma Suryani depan hotel Matahari, persimpangan toko union, persimpangan BRI Cabang Atambua, serta kantor KPU dan Bawaslu.

Apel kesiapan pengamanan ini dihadiri Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie, para Kabag, Perwira Staf serta personil yang dilbatkan dalam pengamanan.

Hingga berita ini diturunkan, personil pengamanan yang dipimpin langsung Kapolres Belu, bersiaga penuh di dalam dan diluar ballroom hotel Matahari, guna mengamankan jalannya pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu.

Pelaksanaan rapat pleno tetap menerapkan prokol Covid-19 dengan sangat disiplin dan tertib. Jumlah peserta dalam rapat pleno sangat terbatas yakni pasangan calon dari paket Sahabat dan Paket Sehati serta satu orang tim pemenangan dari masing-masing calon.