Optimalisasi Fungsi Penegakan Hukum, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian dan Supervisi di Polres Belu

Optimalisasi Fungsi Penegakan Hukum, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian dan Supervisi di Polres Belu

Dalam rangka Optimalisasi Fungsi Penegakan Hukum dalam Menjamin Pemerataan Layanan Kepolisian untuk  Masyarakat di wilayah Polda Nusa Tenggara Timur, Tim Peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan kunjungan kerja ke Polres Belu,  selasa (24/11/2020).

Kegiatan penelitian ini dipimpin Kombes Pol. Saefuddin Mohamad, S.I.K., selaku Ketua Tim Peneliti beserta anggota tim antara lain AKBP Hanafiah Nembo, Penata TK I Usman, M.A. dan Juru TK I Dedi Hidayat.

Hadir juga Ketua Tim Supervisi yang dipimpin Kombes Pol. Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si. dengan anggota, Bripda Deden Wahyudin.

Membuka kegiatan pagi tadi pukul 08.00 wita di aula Wira Satya Polres, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim dan anggota di wilayah hukum Polres Belu.

Dirinya berharap melalui kegiatan penilitian ini, anggota Polres Belu khususnya yang membidangi fungsi Reskrim, akan lebih optimal dalam menjalankan fungsi penegakan hukum di Polres maupun Polsek jajaran.

Sementara Ketua tim peneliti, Kombes Pol. Saefuddin Mohamad, S.I.K, mengatakan, tujuan kedatangan timnya adalah untuk menganalisis, mendapat data, fakta, informasi, dan masukan dari anggota Polri terkait dengan optimalisasi fungsi penegakan hukum di Polsek dalam menjamin pemerataan layanan kepolisian untuk masyarakat.

Penelitian kata Ketua tim, dilakukan dengan metode penyebaran kuisioner kepada anggota Reskrim dan wawancara mendalam kepada penyidik, penyidik pembantu serta tokoh masyarakat.

Dari pantauan Humas di aula wira Satya, adapun sasaran penelitian ini adalah Perwakilan Kapolsek, para penyidik pembantu, Perwakilan Kanit Reskrim Polres Belu, perwakilan personil Sat Lantas serta sejumlah Tokoh masyyarakat kabupaten Belu yang menjadi responden dalam kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaan tadi, tim peneliti juga menayangkan Video Company Profile Puslitbang Polri.

Selain Polres Belu, sejumlah Polres daratan Timor yang menjadi sampel dalam penelitian ini antara lain Polres Kupang, Polres TTS,  Polres TTU dan Polres Kupang Kota.