Lewat Deklarasi, KPU Belu Apresiasi Kinerja Polres Belu Wujudkan Pemilu 2024 yang Aman Dan Lancar

Lewat Deklarasi, KPU Belu Apresiasi Kinerja Polres Belu Wujudkan Pemilu 2024 yang Aman Dan Lancar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu memberikan apresiasi kepada Polres Belu karena dinilai dapat menciptakan situasi aman dan kondusif selama penyelenggaraan tahapan pemilu tahun 2024.

Apresiasi tersebut disampaikan Ketua KPU kabupaten Belu, Yohanes Seven A.Palla bersama staf di aula Ballroom Matahari Atambua, kabupaten Belu, Sabtu (2/03/2024.

Dalam deklarasinya pasca pelaksanaan Pleno Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu tingkat kabupaten, Ketua KPU Belu bersama Staf serta sejumlah saksi dan pendukung partai politik, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pihak kepolisian yang telah mendukung suksesnya tahapan pemilihan umum 2024.

“Apresiasi dan terima kasih kami kepada Pak Kapolres Belu dan jajarannya, yang sudah menjaga Dan mengawal Pemilu ini sehingga berjalan aman dan lancar. Dari tahapan awal pendaftaran, kampanye, tahapan pemungutan suara hingga pleno yang kita gelar Selama 3 hari berturut-turut, tidak ada kejadian yang menonjol” kata Ketua KPU Belu.

"Situasi keamanan mampu dikendalikan dengan baik oleh pihak kepolisian. Dan juga dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat, para partai politik, para paslon dan pendukungnya sehingga Pemilu serentak ini berjalan secara transparan , jujur,adil, demokratis Dan tidak ada kecurangan" tambah Ketua KPU Belu.

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K mengungkapkan, deklarasi yang dilakukan tersebut merupakan pernyataan bersama Pihak KPUD Belu sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat bahwa Pelaksanaan Pemilu khususnya di kabupaten Belu berjalan dengan Aman Dan sukses.

"Kita ketahui penyelenggaraan pemilu telaj berjalan dengan baik Dan jauh Dari kecurangan. Pesan morilnya, perlunya kita semua terus menjaga situasi yang sudah kondusif ini, keberagamaan bangsa ini, peradaban yang telah dipupuk, kebhinekaan yang sudah lama terbangun. Mari kita jaga bersama semua,” jelas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Belu.menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2024 tingkat kabupaten Belu di ball room hotel Matahari Atambua.

Pelaksanaan Pleno yang berlangsung 3 hari Dari tanggal 29 Februari hingga 2 Maret 2024, berjalan Aman Dan lancar di tengah pengamanan ketat personel Polres Belu 

Sebanyak 78 personel Polres Belu diterjunkan dengan melaksanakan pengamanan di sejumlah titik antara lain luar dan dalam Ballroom hotel Matahari (lokasi pleno), cabang Seriti serta persimpangan BRI Cabang Atambua.

Selain pengamanan di lokasi pleno dan persimpangan jalan, tim siaga dan patroli juga disiapkan untuk melakukan patroli secara rutin sebelum, selama dan sesudah kegiatan pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu tingkat kabupaten.

Simak videonya: