Kunjungan Kerja di Polsek Lamaknen, Kapolres Belu Ajak Semua Pihak Dukung Pilkada yang Aman di Masa Covid-19

Kunjungan Kerja di Polsek Lamaknen, Kapolres Belu Ajak Semua Pihak Dukung Pilkada yang Aman di Masa Covid-19

Guna melihat secara dekat situasi dan kondisi anggota di lapangan, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si dalam sebulan terakhir ini melakukan kunjungan kerja ke sejumlah Polsek jajaran.

Setelah sebelumnya mengunjungi 4 dari 7 Polsek jajaran yakni Polsek Tasifeto Barat, Tasifeto Timur, Lasiolat dan Polsek Kakuluk Mesak, Kapolres Belu didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.dr.Iffi Khairul Saleh kembali melanjutkan agenda kerjanya dengan mengunjungi Polsek Lamaknen, sabtu (10/10/2020).

Tiba di Mapolsek Lamaknen sekitar pukul 09.00 WITA, Kapolres Belu bersama istri yang didampingi sejumlah pejabat utama dan pengurus cabang Bhayangkari, disambut dengan pengalungan kain adat timor oleh Kapolsek Lamaknen, IPDA Jenedi Lian, SH dan istri.

Kedatangan Kapolres Belu dan rombongan pagi tadi disambut Danramil 1605-03 Weluli, Camat Lamaknen Selatan, Wadanpos Satgas Pamtas RI-RDTL Desa Kewar, Kepala Desa se-Kec. Lamaknen dan Lamaknen Selatan, Ketua Panwascam Kec. Lamaknen dan Lamaknen Selatan, para Tokoh Adat, Tokoh Agama serta Tokoh masyarakat.

Agenda kunjungan Kerja Kapolres Belu dilanjutkan dengan tatap muka Kapolres Belu bersama para tamu undangan serta keluarga besar Polsek Lamaknen.

Acara tersebut diawali sapaan dari Kapolsek Lamaknen dengan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Belu dan rombongan yang telah berkunjung ke wilayahnya dalam rangka mengecek situasi wilayah Polsek dan juga anggota yang bertugas.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Lamaknen juga memaparkan secara singkat tentang situasi wilayah hukum Polsek serta ancaman kamtibmas yang sering terjadi.

Usai dibuka Kapolsek Lamaknen, Kapolres Belu memberikan sambutan dengan didahului ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang bersedia hadir memenuhi undangan dari kepolisian dalam hal ini Polsek Lamaknen.

Dalam tatap muka tersebut, Kapolres Belu mengatakan, tujuan dilaksanakannya kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui secara langsung situasi kamtibmas di wilayah Kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan sekaligus mengecek kesiapan Polsek dalam pelayanan kepada masyarakat

Mantan Kapolres Sumba Barat ini juga mengharapkan dukungan dan masukan dari seluruh stakeholder kecamatan, para tokoh dan juga masyarakat sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang aman di Wilayah Hukum Polsek Lamaknen.

"Kehadiran Kami ini tidak lain untuk melihat dari dekat kondisi wilayah dan kondisi anggota di lapangan. Dan ini (kunjungan) Saya lakukan di seluruh Polsek dan Polsubsektor jajaran"kata Kapolres Belu.

"Harapan Kami, kemitraan dan sinergitas Polsek Lamaknen dengan seluruh stakeholder dan para tokoh disini, terus terjalin dengan baik. Dukungan dan masukan dari bapak ibu sekalian, sangat dibutuhkan dalam menunjang tugas-tugas pokok kepolisian khususnya sektor Lamaknen” pinta Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres Belu mengajak seluruh tamu undangan untuk mendukung tugas kepolisian dalam menjaga dan menciptakan Pilkada 2020 yang aman dengan mematuhi semua aturan serta memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

"Pilkada kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya dimana banyak sekali aturan yang harus di patuhi karena Kita sedang menghadapi pandemi covid-19. Oleh karenanya, Saya minta kita semua yang hadir untuk mematuhi protokol kesehatan"kata Kapolres Belu.

"Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan jauhi kerumunan. Kita tidak melarang kegiatan masyarakat selama perhelatan Pilkada ini asal sesuai aturan hukum yang ada seperti pelaksanaan kampanye sekarang, maksimal hanya dihadiri 50 orang dan itupun harus mengantongi ijin kepolisian"pungkas Kapolres Belu.

Masih dalam sesi tatap muka, Kapolres Belu mengimbau anggota TNI Polri untuk menjaga netralitas selama Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020.

"Saya minta rekan-rekan TNI Polri untuk pegang teguh netralitas saat pelaksanaan pilkada, tidak boleh ada yang melakukan politik prakits dengan membela salah satu paslon"tegas Kapolres Belu.

"Dan ini sudah penegasan langsung dari Panglima TNI dan Kapolri. Saya tekankan betul hal ini supaya rekan-rekan pahami, mengerti dan dilaksanakan. Tugas Kita cuma memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat agar situasi berjalan kondusif"pungkas Kapolres Belu. 

Selain melakukan tatap muka, Kapolres Belu juga melakukan pemeriksaan administrasi, bangunan dan inventaris kantor serta menggelar bakti sosial untuk warga kurang mampu.

Kunjungan kerja perdana ini juga diisi dengan tatap muka Ketua Bhayangkari Cabang Belu dengan seluruh Bhayangkari Ranting Lamaknen.

Bertolak dari Polsek Lamaknen, Kapolres Belu dan rombongan mendatangi tempat wisata benteng Tujuh Lapis Makes di Desa Dirun dan padang sabana Fulan Fehan, kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya ke Polsubsektor Builalu Sektor Lamaknen.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Kapolres Belu dan istri didampingi Kabag Ren, AKP Felix Lau, Kasatres Narkoba, IPTU Hadi Syamsul Bahri, SH, Kasi Propam, IPDA Taufan Ardiansyah, SH, anggota Humas serta sejumlah pengurus cabang Bhayangkari Belu.