Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 78

Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 78

Bertepatan dengan puncak hari Bhayangkara ke 78, senin 1 juli 2024, Kepolisian Resor Belu menggelar upacara dengan mengambil lokasi di lapangan apel Polres Belu.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dengan Perwira Upacara, Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH dan Komandan Upacara, Kasat Lantas, IPTU Marthen Luther Petterson, SH.

Kapolda NTT,Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A. dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Belu, mengucapkan selamat hari bhayangkara ke-77 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani masyarakat yang ada di bumi flobamora.

Kapolda NTT juga menaruh harapan besar kepada anggota polri yang dengan kewenangan yang sangat besar dimana, organisasi Polri menembus sampai tingkat desa dan setiap hari anggota Polri besentuhan langsung dengan masyarakat.

Masih dalam amanatnya, Kapolda NTT mengatakan, hari ulang tahun bhayangkara ke-78 yang diperingati dengan tema yakni "Polri Presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas" yang menggambarkan visi polri untuk berperan aktif dalam mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kemajuan ekonomi, keadilan sosial, dan keberlanjutan lingkungan, sejalan dengan visi indonesia emas 2045.

Berdasarkan data dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT pada bulan Mei 2024, pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTT melambat dan masih di bawah pertumbuhan ekonomi nasional. Provinsi NTT menempati peringkat 30 dari 34 provinsi di Indonesia, dan menurut data tahun 2021, Provinsi NTT  berada di urutan ketiga sebagai provinsi termiskin di Indonesia.

"Polda NTT dan jajarannya harus dapat secara aktif mendukung pembangunan perekonomian di Provinsi NTT dengan cara bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya," kata Kapolda NTT dalam amanatnya.

Dalam mendukung perekonomian provinsi NTT, polda NTT telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka hari bhayangkara ke-78., salah satunya adalah pagelaran budaya yang berlangsung pada tanggal 22 Juni 2024, yang menampilkan fashion karnaval khas NTT dan lomba fashion  Show Tenun modifikasi.

"Kegiatan ini bertujuan mempromosikan keindahan dan keunikan Budaya tradisional Nusa Tenggara Timur serta mengangkat kearifan budaya lokal yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dalam kegiatan tersebut Polda  NTT juga memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk berpartisipasi secara langsung serta mendorong UMKM ekonomi kreatif."ungkapnya.

Polda NTT kata Kapolres Belu juga mendukung proyek strategi nasional yang merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan ekonomi di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di NTT.

"Kita harus memastikan bahwa setiap proyek strategi nasional yang sedang berjalan di NTT terlindungi dari segala bentuk gangguan keamanan sehingga dapat meningkatkan konektivitas, kesejahteraan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di provinsi NTT,"kata Kapolres Belu membacakan amanat Kapolda NTT.

Upacara hari Bhayangkara ke 78 di tapal batas RI-RDTL ini dihadiri Wakil Bupati Belu, Forkopimda Plus kabupaten Belu, Wakapolres Belu,Wadanyon A Pelopor Atambua, Danki KIKAV KKA Atambua, Danki Brimob Kompi 3 Batalion A Pelapor  Atambua, Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Wakil Ketua Persit KCK Yon RK 744/SYB dan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Belu.

Upacara yang ditutup dengan tarian kolosal dan tebe bersama ini juga dihadiri para Pejabat utama dan Perwira Staf Polres Belu, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, pengurus cabang Bhayangkari Belu, para purnawirawan Polri, insan pers serta tamu undangan lainnya.

Sementara peserta Upacara terdiri dari barisan pejabat utama Polres Belu dan Kapolsek jajaran, Kodim 1605 Belu, Batalyon RK 744/SYB, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, Satgas Pamtas RI RDTL Yon 742/SWY, Kompi Kavaleri, Sat Samapta, Sat Lantas, Polsek jajaran, Sat Intelkam, Sat Reskrim, PNS Polri serta barisan Sat Pol PP kabupaten Belu.