Jumat Curhat, Kapolres Belu Ajak Masyarakat Bardao Dukung Polri Jaga Kamtibmas

Jumat Curhat, Kapolres Belu Ajak Masyarakat Bardao Dukung Polri Jaga Kamtibmas

Dalam upaya menciptakan kondisi wilayah yang aman serta terwujudnya suatu komunikasi yang baik antara masyarakat dan Polri, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K kembali menggelar program jumat curhat di wilayah Atambua, kabupaten Belu, jumat (5/05/2023).

Kegiatan jumat curhat kali ini dilaksanakan di salah satu rumah warga kelurahan Bardao, kecamatan Atambua Barat, yang dihadiri Lurah Bardao, ketua keluarga Besar Putra putri pensiunan Polri., Perwira Staf Polres Belu serta sejumlah masyarakat kelurahan Bardao.

Mengawai jumat curhat ini, Kapolres Belu memperkenalkan diri sebagai Kapolres Belu yang baru sekaligus mengajak masyarakat untuk mendukung tugas kepolisian dengan menjaga lingkungannya tetap kondusif dan damai.

Kapolres Belu juga menuturkan, jumat curhat yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini merupakan program Polri secara nasional yang bertujuan mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus menerima usul dan saran dari masyarakat.

"Jadi kedatangan kami ini tidak hanya bersilaturahmi, tapi Kami juga ingin mendengar secara langsung saran, masukan dan keluhan dari bapak ibu yang ada di kelurahan Bardao ini. Saran masukan yang diberikan sangat penting bagi kami dalam rangka kami menciptakan kamtibmas yang aman sekaligus perbaikan kinerja kami kedepannya"kata Kapolres Belu.

"Dan sebagai orang baru disini, Saya mengajak bapak ibu yang hadir disini untuk kita bersama menjaga situasi kamtibmas diwilayah masing - masing. Ketika ada kejadian kami mohon diberitahukan secara cepat karena Polisi hanya manusia biasa. Apabila terjalin kerjasama Polri dengan seluruh elemen masyarakat, maka yang menjadi halangan dalam pelaksanaan tugas terkait kamtibmas, akan cepat diselesaikan dengan baik serta dapat Kita minimalisir”tambah Kapolres Belu.

Sementara Lurah Bardao pada kesempatan tersebut, menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Belu bersama jajarannya yang aktif merespon setiap persoalan masyarakat terkait Kamtibmas serta selalu memberi pelayanan yang prima pada setiap event maupun kegiatan masyarakat.

"Apresiasi dari masyarakat kelurahan Bardao kepada Bapak Kapolres bersama jajarannya yang selalu mampu mengatasi masalah dengan cepat. Keberadaa anggota bhabinkamtibmas yang selalu siap sedia selama 24 jam dalam mengurus berbagai masalah.Kemudian juga pelayanan Pengamanan Kegiatan masyarakat, baik itu saat ibadah maupun pesta, Polri selalu hadir dan Kawal sampai selesai dengan aman"ungkap Lurah Bardao.

"Dan dengan melibatkan pemerintah daerah dalam hal ini pihak  kelurahan, tokoh agama,tokoh masyarakat dan bhabinkamtibmas serta babinsa, sehingga setiap masalah bisa diselesaikan secara baik.Semoga ini terus dipertahankan sehingga situasi kamtibmas disini akan terus aman"tambah Lurah Bardao.

Selain apresiasi dari Lurah Bardao, Kapolres Belu juga mendapat masukan dari sejumlah undangan yang hadir. Salah satunya yakni tokoh masyarakat yang meminta aparat kepolisian untuk meningkatkan patroli malam di tempat yang dianggap rawan kamtibmas.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Belu berjanji pihaknya akan lebih meningkatkan patroli khususnya pada tempat yang dianggap rawan kamtibmas sehingga dapat meminimlisir gangguan kamtibmas.

"Terima kasih kepada atas saran masukannya. Tentunya disini kami juga telah rutin melakukan patroli baik siang maupun jam istirahat malam, baik itu dari fungsi Samapta, Lantas dan juga fungsi lainnya. Dan upaya yang kita lakukan ini, sudah lumayan ampuh mencegah dan meminimalisir aksi kenakalan remaja seperti balapan liar dan mabuk-mabukan di pinggir-pinggir jalan"ungkap Kapolres Belu

"Sehingga diisini kembali lagi, semua pihak harus terlibat. Orang Tua, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan juga tokoh Masyarakat harus ikut menciptakan iklim yang baik di masyarakat sehingga generasi kita terhindar dari hal-hal yang demikian.Dan sekali lagi, kami minta peran aktif masyarakat untuk tidak segan melapor ke Kita bilamana terjadi gangguan kamtibmas di wilayahnya"pungkas Kapolres Belu.