Jelang Pleno PPK, Anggota Polres Belu dan Jajaran Turun ke 12 Kecamatan Jaga ketat Kotak Suara Pemilu 2024

Jelang Pleno PPK, Anggota Polres Belu dan Jajaran Turun ke 12 Kecamatan Jaga ketat Kotak Suara Pemilu 2024
Personel Polres Belu melaksanakan pengamanan di kantor PPK Atambua Selatan

Usai tahap pencoblosan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di TPS, personel Polres Belu dan Polsek jajaran yang terlibat dalam operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 melanjutkan tugasnya dengan melakukan pengamanan melekat terhadap surat suara dan logistik pemilu lainnya di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan.

Setelah mengawal pendistribusian kotak suara dari 66 TPS sekabupaten Belu, petugas kepolisian terhitung kamis (15/02/2024) kemarin, memberikan pengamanan melekat di 12 PPK (kecamatan) sekabupaten Belu.

Pengamanan melekat ini kata Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dilakukan guna meminimalisir kecurangan serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan jelang pelaksanaan Pleno tingkat PPK.

"Jadi, selesai dari TPS, anggota langsung mengawal kotak suara menuju PPK di 12 kecamatan. Kemudian kita terbitkan surat perintah tugas untuk anggota melaksanakan pengamanan dalam tahapan Hitung Suara dan Rekapitulasi Suara ini. Pengamannya dilaksanakan selama 11 hari terhitung mulai tanggal 15 februari sampai dengan 25 februari 2024"jelas Kapolres Belu.

"Pengamanannya diberlakukan 1x24 jam dan dikendalikan oleh Perwira Pemantau (Pamatwil) dan Kapolsek jajaran. Pokoknya Kita tidak mau gangguan sekecil apapun muncul sebelum, selama dan sesuadah pleno PPK digelar. Dan puji Tuhan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada rabu (14/2) hingga kamis kemarin berjalan aman dan lancar "lanjut Kapolres Belu.

Orang nomor satu di Polres Belu ini menambahkan, selain menerjunkan personel pengamanan di PPK, pihaknya kata Kapolres Belu juga menerjunkan personel pengamanan di kantor KPUD, Gudang Logistik KPU dan kantor Bawaslu kabupaten Belu.

"Sebanyak 121 personel kita libatkan dalam tahapan Hitung Suara dan Rekapitulasi Suara ini. Ada regu siaga Dalmas, Tim Raimas, pengamanan di PPK hingga yang melaksanakan pengamanan di kantor penyelanggara Pemilu dan Gudang logistik KPU"tutur Kapolres Belu.

"Kalau sudah pleno PPK dan logistiknya sudah didorong ke kantor KPUD, baru anggota boleh pulang dan melaksanakan tugas seperti biasa. Pengamanan di sisa tahapan pemilu ini tentu kita maksimalkan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dan Saya berpesan kepada anggota agar bekerja sesuai SOP, jaga penampilan dan tidak boleh seenaknya meninggalkan tugas selama pengamanan berlangsung"pungkas Kapolres Belu.

Pengamanan kotak suara di kantor PPK Atambua Barat