Jelang HUT RI ke 76, Kapolres Belu Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Seroja

Jelang HUT RI ke 76, Kapolres Belu Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Seroja

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si , memimpin apel kehormatan sekaligus renungan suci menyambut peringatan detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 Taman Makam Pahlawan Seroja Atambua, selasa (17/8/2021).

Dari pantauan Humas, orang nomor satu di Polres Belu ini, tiba di Taman Makam Pahlawan sekitar pukul 23.20 WITA. Setibanya di lokasi, Kapolres Belu langsung memasuki area TMP melalui gerbang utama. 

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit diawali dengan Penghormatan kepada Arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Komandan apel, Kasat Lantas, AKP Ruliyanto Junaedi Putera Pahroen, S.Sos, S.I.K.

Dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci serta mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Kapolres Belu, selaku Inspektur Apel.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyalaan obor oleh petugas, pembacaan doa dan ditutup dengan penghormatan pasukan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin komandan apel.

Apel renungan suci yang berlangsung takzim dan sunyi, dihadiri Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, Forkopimda Plus Kab. Belu, sejumlah Pejabat dari Instansi Pemda Belu, TNI dan  Polri.

Sementara barisan apel terdiri dari Dalmas dan staf Polres Belu, Kompi 3 Den A Pelopor Brimob Atambua, Kodim 1605 Belu, Yon Raider Sus 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL serta Sat Pol PP Kab. Belu.

Kegiatan tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan dimana para pejabat dan tamu undangan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di tempat yang disediakan pantia renungan suci.

Kapolres Belu mengatakan, renungan suci setiap tahun diadakan khususnya menjelang peringatan kemerdekaan RI, dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa khususnya yang berasal dari tanah Belu.

Para pahlawan yang kini terbaring panjang di TMP Seroja Haliwen tambah Kapolres Belu, berasal dari TNI, Polri, Sipil dan pahlawan tak dikenal.

"76 tahun sudah Indonesia merdeka dan malam ini kita mengenang kembali jasa-jasa pahlawan kita. Mari, semangat perjuangan mereka kita warisi"kata Kapolres Belu.

"Kita gelorakan semangat perjuangan menghadapi tantangan masa depan untuk kabupaten Belu yang lebih maju lagi sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh"pungkas Kapolres Belu.