Jamin Situasi Kondusif, Ratusan Personel Polres Belu Kawal dan Amankan Aksi Damai Forum Solidaritas Outsourcing Belu

Jamin Situasi Kondusif, Ratusan Personel Polres Belu Kawal dan Amankan Aksi Damai Forum Solidaritas Outsourcing Belu

Ratusan personel Polres Belu, turun mengamankan aksi damai oleh Forum Solidaritas Outsourcing Belu (FSOB), di gedung DPRD kabupaten Belu, kamis (19/01/2023).

Dari pantauan Humas pukul 10.00 wita, sekelompok massa yang berjumlah kurang lebih 20 orang, bergerak dari titik kumpul yakni di wilayah Fatubenao langsung menuju ke Kantor DPRD Kab Belu

Pergerakan peserta aksi damai dari titik kumpul yang menggunakan 1 unit roda 4 jenis Suzuki Carry dan 8 unit sepeda motor, di kawal ketat personil Sat Lantas serta Sat Intelkam dan Reskrim yang melakukan pengamanan terbuka dan tertutup.

Dari pantauan di kantor DPRD, peserta aksi melalui Viktor Motaain Nahak dan Ferdinandus Naiaki selaku korlap, melakukan orasi dan membacakan tuntutan sikap terkait  adanya PHK sepihak terhadap Pekerja Outsourcing pada RSUD Gabriel Manek SVD Atambua.

Sekitar Pukul 11.20 wita, peserta aksi damai masuk ke ruangan Komisi lll DPRD Kab. Belu untuk melaksanakan Rapat dengar pendapat (RDP) yang dihadiri Wakil ketua l Yohanes J. Nahak, Wakil ketua ll Siprianus Temu S.IP, Anggota DPRD Kab. Belu Lintas Komisi, Sekwan DPRD Kab. Belu.

Sesuai dengan instruksi Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto. S.I.K, aparat kepolisian yang berjaga-jaga di pintu masuk kantor DPRD, melakukan pemeriksaan kepada setiap peserta aksi yang ingin memasuki ruang sidang utama DPRD Belu.

Selain itu, Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH bersama sejumlah Perwira Pengendali yang hadir, mengimbau peserta aksi agar menyampaikan aspirasinya secara tertib sehingga aksi damainya dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Terkait tuntutan dari para massa aksi saat rapat dengar pendapat siang tadi, Pimpinan Rapat menyampaikan akan menggelar Rapat dengar pendapat (RDP) yang akan dilaksanakan paling lambat 24 januari 2023 dengan menghadirkan pihak pemerintah terkait dan Perusahaan yang menangani para tenaga kerja yang diberhentikan.

Aksi damai oleh Forum Solidaritas OutSourcing Belu (FSOB) hingga pukul 12.50 wita, berjalang dengan aman, lancar dan tertib.