Jadi Polsek Tipe B Terbaik se-Indonesia, Polsek Tasifeto Barat Polres Belu Raih Penghargaan Kompolnas Awards 2024

Jadi Polsek Tipe B Terbaik se-Indonesia, Polsek Tasifeto Barat Polres Belu Raih Penghargaan Kompolnas Awards 2024
Kapolsek Tasifeto Barat, Ipda Sam Ihim saat menerima piagam penghargaan dari Ketua Kompolnas, Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P

Tahun ini menjadi tahun yang luar biasa dan bersejarah untuk Polsek Tasifeto Barat Polres Belu Polda NTT yang berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi dalam ajang Kompolnas Awards tahun 2024.

Penghargaan Kompolnas Awards 2024 sebagai Polsek Tipe B terbaik seindonesia, diterima langsung Kapolsek Tasifeto Barat IPDA Sam Ihim di acara malam penganugerahan Kompolnas Awards 2024 di kawasan Ancol, Jakarta Utara, rabu (17/07/2024).

Penghargaan dalam bentuk Plakat dan Tropy tersebut diserahkan langsung oleh Menko Polhukam RI selaku Ketua Kompolnas, Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., kepada Kapolsek Tasifeto Barat, Ipda Sam Ihim.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Kompolnas menyampaikan apresiasi dan pesan kepada penerima penghargaan untuk menjadi inspirasi bagi yang lain.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang telah kalian capai. Teruslah menjadi inspirasi bagi rekan-rekan kalian dan masyarakat. Ingatlah bahwa penghargaan ini adalah bentuk kepercayaan dan harapan dari seluruh bangsa Indonesia kepada kalian,” tutur Ketua Kompolnas, Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Apresiasi terhadap kinerja merupakan hal sangat penting untuk menjaga kontinuitas capaian kinerja. Oleh karena itu, Kompolnas menaruh harapan untuk menjadikan Polri semakin profesional dan mandiri, salah satunya melalui pemberian apresiasi berdasarkan pemantauan dan penilaian kinerja dan integritas anggota dan pejabat Polri.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini, kita semua dapat terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme Polri, serta semakin mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat,” ucap Ketua Kompolnas.

Sementara Kapolri Jenderal Pol. Drs.Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang juga hadir dalam acara tersebut berharap penghargaan Kompolnas Awards 2024 menjadi motivasi bagi para anggota kepolisian agar terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Sehingga ini bisa terus meningkatkan integritas, meningkatkan pelayanan, dan meningkatkan kepercayaan publik yang tentunya harus dijaga,” kata Kapolri.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kompolnas yang telah memberikan penghargaan kepada seluruh lapisan jajaran Polri, mulai dari Polsek, Polres, Polda, hingga Mabes.

“Kami sangat berterima kasih karena ini akan sangat membantu kami untuk terus melakukan evaluasi terkait dengan pelayanan yang dilakukan oleh kepolisian dalam melaksanakan tugas kami, mulai dari Polsek sampai ke Mabes,” ucapnya.

Kapolsek Tasifeto Barat, Ipda Sam Ihim, yang hadir didampingi Irwasda Polda NTT Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H.,  menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangganya atas penghargaan ini.

Dirinya mengungkapkan, penghargaan yang diraih Polsek Tasifeto Barat merupakan buah kerja keras seluruh personel Polsek Tasifeto Barat dan dukungan penuh AKBP, Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang saat itu menjabat sebagai Kapolres Belu serta dukungan dari stakeholder yang ada di kecamatan Tasifeto Barat.

"Terima kasih Indonesia kepada Kompolnas yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami Polres Belu khususnya Polsek Tasifeto Barat. Apa yang sudah kami lakukan untuk masyarakat semata-mata wujud perhatian negara dalam memberikan jaminan keamanan serta menjawab keluh kesah sekaligus menuntaskan persoalan yang dialami masyarakat"ungkap Kapolsek Tasifeto Barat.

"Dan penghargaan yang Kami dapatkan ini tidak lepas dari dukungan penuh dari Bapak Kapolres Bel, seluruh anggota saya, Forkopimcam, rekan-rekan dari Satgas Pamtas, para tokoh, dan masyarakat sehingga kami dapat terpilih sebagai pemenang. Ini menjadi motivasi kami dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan dalam melayani masyarakat,"ungkapnya.

Untuk diketahui, Salah satu inovasi utama yang membuat Polsek Tasifeto Barat menonjol adalah pendirian Pasar UMKM Halilulik.

Program pasar UMKM yang dibangun menggunakan lahan Polsek Tasifeto Barat, berangkat dari keluhan masyarakat maupun pedagang kepada Kapolsek Tasifeto Barat dimana sudah puluhan tahun hidup dengan kemacetan di karenakan kondisi pasar yang sempit dan tentunya tidak seimbang dengan banyaknya pedagang yang berjualan di pasar mingguan tersebut.

Selain itu, Polsek ini juga aktif dalam memajukan ketahanan pangan dengan melibatkan kelompok tani veteran dalam budi daya tomat. Program ini tidak hanya memastikan ketersediaan pangan lokal yang cukup tetapi juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani lokal untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Tidak hanya itu, Polsek Tasifeto Barat juga telah berperan penting dalam penyediaan air bersih dan listrik kepada masyarakat setempat. Inisiatif ini sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup penduduk, sekaligus mengurangi potensi ketegangan sosial akibat kebutuhan dasar yang belum terpenuhi.

Untuk diketahui, dalam penilaiannya, Kompolnas Awards 2024 dibagi dalam empat kriteria, antara lain Satker Mabes, serta Polda, Polres, dan Polsek yang masing-masing dibagi dalam kategori A dan B. Pembagian A dan B ini didasarkan pada proporsi jumlah personel Polri di wilayah, jumlah penduduk, dan alokasi anggaran.

Berikut daftar pemenang Kompolnas Awards 2024:

Kategori Polsek Terbaik
- Kelompok A: Polsek Singaraja
- Kelompok B: Polsek Tasifeto Barat

Kategori Polres Terbaik
- Kelompok A: Polres Jember
- Kelompok B: Polres Murung Raya

Kategori Polda Terbaik
- Kelompok A: Polda Sumatera Utara
- Kelompok B: Polda Jambi

Kategori Satker Mabes Polri Terbaik: Pusdokkes Mabes Polri