Jadi Irup di Sekolah, Kanit Patwal Sat Lantas Polres Belu Ajak Pelajar Tertib Berlalu Lintas, Simak Videonya

Jadi Irup di Sekolah, Kanit Patwal Sat Lantas Polres Belu Ajak Pelajar Tertib Berlalu Lintas, Simak Videonya

Kanit Patwal Sat Lantas Polres Belu, IPDA Natalino Goncalves Spada senin (3/6/2024) pagi kemarin, turun ke SMP dan SLTA Bina Karya Atambua dalam rangka menjadi Inspektur Upacara sekaligus memberikan pesan kamtibmas kepada pelajar.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, Kanit Sat Lantas yang didampingi anggota Unit Kamsel dalam amanat singkatnya mengajak para pelajar untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas kata Kanit tidaklah sulit seperti tidak menanggalkan helm saat naik motor, menghargai pejalan kaki dengan tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas ,tidak boleh kebut-kebutan serta memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK.

Imbauan yang tidak kalah pentingnya disampaikan adalah mereka (pelajar) memperhatikan keselamatan saat berkendara dengan tidak menggunakan handphone, berboncengan lebih dari satu orang, tidak boleh berkendara saat dalam kondisi tidak fit atau dalam pengaruh alkohol.

Sejumlah imbauan ini kata Kanit bukan saja didengar tapi wajib dilaksanakan/diimplementasikan serta mensosialisasikan kembali ke sanak kerabat mereka.

”Apa yang saya sampaikan ini bila dilaksanakan maka dengan sendirinya adik-adik sudah menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas khususnya di wilayah Kabupaten Belu ini” Kasat Kanit Patwal kepada pelajar.

Upacara bendera yang digelar pukul 07.00 wita, diikuti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf guru serta ratusan siswa/i SMP dan SLTA Bina Karya Atambua.

Kepala Sekolah beserta para guru menyambut positif sejumlah arahan yang disampaikan Kanit Patwal sembari berharap, kegiatan (sosialisasi) seperti ini dapat dilanjutkan di pekan-pekan mendatang. 

Terpisah, Kapolres Belu AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan program Police Goes To School yang dilaksanakan guna memberikan contoh positif kepada para siswa sehingga mereka terinspirasi dan termotivasi serta terjalin hubungan yang sinergis antara Polri dengan masyarakat khususnya para pelajar.

“Ini sudah jadi agenda rutin dimana setiap minggunya, Kita dari kepolisian turun memberikan penyuluhan kepada pelajar tentunya dengan lokasi (sekolah) yang berbeda,, baik dari tingkat SD hingga SMA. Kita ingin merubah mindset/pola pikir para pelajar yang mengutamakan keselamatan daripada kesenangan dan kebutuhan akan alat transportasi"ungkap Kapolres Belu.

"Selain itu, Kita juga ingin menjauhkan mereka dengan hal-hal menyimpang, tentunya tidak saja soal berlalul lintas tapi juga pesan kamtibmas lainnya yang Kita sampaikan sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berkualitas"Pungkas Kapolres Belu.