Gelar Show Of Force, Polres Belu dan Instansi Terkait Beri Sinyal Siap Amankan Pemilihan Umum 2024 di Wilayah Tapal Batas

Gelar Show Of Force, Polres Belu dan Instansi Terkait Beri Sinyal Siap Amankan Pemilihan Umum 2024 di Wilayah Tapal Batas

Ratusan personel gabungan dari Polres Belu, Kompi 3 Yon A Pelopor Brimob Atambua, Kodim 1605 Belu, Sat Pol PP kabupaten Belu dan juga Linmas, menggelar show of force keliling kota Atambua, jumat (13/10/2023).

Show of force yang digelar pukul 11.00 wita, mengambil titik star dari lapangan umum simpang lima kemudian menuju pasar lama, Gereja Polycarpus lurus menuju simpang toko Pelita dan kemudian belok kanan menuju simpang toko Hero bangunan dan belok kanan lurus menuju cabang toko Flora Atambua.

Tiba di persimpangan toko Flora, peserta show of force belok kiri menuju simpang Rumkitban (Rumah Sakit Tentara) kemudian belok kanan lurus menuju Patung kuda hingga cabang kantor Samsat Atambua.

Dari cabang Samsat lurus menuju Kuneru hingga cabang PU kemudian belok kanan menuju arah SMAN 1 hingga Cabang central. Tiba dipersimpangan tersebut (Central), kendaraan show of force belok kiri menuju simpang Gereja Katedral kemudian belok kiri dan finish di Mako Polres Belu.

Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang memimpin langsung rombongan mengatakan, show of force ini dilakukan untuk menunjukan kepada masyarakat Kabupaten Belu bahwa Polri beserta Instansi terkait telah siap mengamankan jalannya tahapan Pemilu 2023-2024 hingga pelaksanaan Pilkada.

"Kita pastikan dan tunjutkan kepada masyarakat bahwa Kita telah siap. Kami bersama rekan-rekan Brimob, TNI dan instansi lainnya, siap jaga keamanan, ketertiban dan mencegah segala bentuk ancaman apapun yang bisa saja muncul di setiap tahapan pemilu seperti yang tergambar dalam simulasi Sispamkota yang baru saja kita gelar."ungkap Kapolres Belu.

Selain itu show of force yang dilakukan pasukan penjaga tapal batas RI-RDTL (Timor Leste) ini lanjut Kapolres Belu sebagai langkah pengecekan kesiapan kendaraan yang nantinya akan dilibatkan dalam pengamanan.

“Kendaraan-kendaraan dinas baik roda dua hingga enam dari seluruh instansi yang hadir kita gelarkan guna mengecek kondisi mesinnya apakah masih layak pakai atau ada kerusakan kecil. Tapi untunglah semua kendaraan telah siap pakai untuk melancarkan transportasi kaitannya dengan pelaksanaan tugas di lapangan nantinya”pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, sebelum menggelar show of force, aparat kepolisian bersama TNI dan Sat Pol PP di hari yang sama menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) di lapangan umum simpang lima Atambua.

Kegiatan simulasi dalam rangka operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024, dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K,  yang dihadiri Bupati Belu yang diwakili Wakil Bupati, Dr. Aloysius Haleserens, , Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Mayor Inf Trijuang Danarjati, S.A.P serta Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1605/Belu Mayor Kav Yatman.

Turut hadir menyaksikan Ketua KPUD Belu, Mikhael Nahak S.Sos, Perwakilan Bawaslu Belu, seluruh pejabat utama Polres Belu, Danki Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua, Kasubden POM IX Udayana, pimpinan partai politik, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda,  insan pers serta ratusan masyarakat Atambua.

Skenario pada simulasi ini mengisahkan tentang pelaksanaan tahapan Kampanye, masa tenang, tahapan pencoblosan hingga demo yang dilakukan oleh massa yang merasa tidak puas dengan pleno yang telah ditetapkan oleh KPUD.