Gelar Personil dan Kelengkapan, TNI-Polri dan Pemkab Belu Laksanakan Apel Konsolidasi Kesiapan Hadapi Bencana Alam

Gelar Personil dan Kelengkapan, TNI-Polri dan Pemkab Belu Laksanakan Apel Konsolidasi Kesiapan Hadapi Bencana Alam

Kepolisian Resor Belu bersama jajaran TNI dan pemerintah kabupaten Belu, melaksanakan Apel Konsolidasi Kesiapan dalam rangka Penanggulangan Bencana Alam, rabu (11/11/2020) pukul 08.00 WITA. 

Apel konsolidasi pagi tadi, dipimpin Pjs Bupati Belu, Drs. Zakarias Moruk, MM, yang dihadiri Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, Dansatgas Pamtas RI - RDTL Yonif RK 744/SBY,Letkol Inf.Alfat Denny Andrian, Sekda Belu serta Perwira TNI Polri.

Dalam sambutannya, Pjs, Bupati Belu mengatakan, apel konsolidasi ini dilaksanakan bertujuan agar seluruh unsur terkait, bersinergi dan terintegrasi secara baik dalam mengantisipasi kejadian bencana di wilayah Kabupaten Belu.

"Pemerintah Kabupaten Belu dan Jajaran Forkompinda plus, menyambut baik Apel siaga bencana ini sehingga Tim Siaga Bencana akan terintegrasi dan ini memiliiki peranan yang penting sebagai wahana yang sangat tepat untuk meningkatkan peran, partisipasi dan eksistensi dalam menghadapii setiap kejadian bencana"kata Pjs.Bupati Belu.

"Oleh karena itu, kerjasama antara Pemerintah dan pihak non pemerintah merupakan hal penting dalam upaya pengurangan resiko bencana. Dan apel ini sekaligus menandakan bahwa kita telah siap untuk menghadapi kondisi apa pun di Kabupaten Belu"lanjut Pjs.Bupati Belu.

Lebih lanjut, Pjs.Bupati Belu berharap seluruh masyarakat untuk turut mengambil bagian dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana alam yang setiap saat selalu hadir dalam kondisi yang tidak kita harapkan.

"Penanggulangan bencana dan pengurangan resiko bencana merupakan tanggung jawab semua pihak. Untuk itu Saya berharap dukungan dari seluruh unsur dan juga masyarakat, untuk Kita bersinergi ketika menghadapi bencana dalam kondisi apapun” pungkasnya.

Usai apel, Pjs.Bupati bersama Kapolres Belu dan Forkompinda Plus yang hadir, melakukan pemeriksaan pasukan dan pengecekan sarana prasarana Milik TNI Polri, Pemkab Belu beserta unsur terkait dalam rangka antisipasi bencana alam. 

Sarana penunjang tugas yang digelar pagi tadi antara lain, mobil water canon Polres Belu, mobil tambora Polres Belu, truck patroli Samapta Polres Belu, mobil patwal Lantas dan Binmas Polres Belu, mobil patroli TNI, truck BPBD, sepeda motor  Lantas dan Binmas serta kendaraan dinas lainnya

Apel konsolidasi yang digelar di halaman Kantor Bupati Belu, dihadiri Kabag Ops Polres Belu, Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Kepala BPBD Kab. Belu, Kepala Dinas Sosial Kab.Belu, Kasat Pol Airud Polres Belu serta Dan Pos AL Atapupu.

Sementara peserta apel terdiri dari personil Polres Belu, Brimob Subden 2 Den A Peleopor Belu, Kodim 1605 Belu, Yonif RK 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744. SYB, Subden POM IX Udayana Belu, Sat Pol Airud Polres Belu, Pos AL Atapupu, Sat Pol PP Kab. Belu, BPBD Kab. Belu. serta relawan sosial / Tagana (Taruna Siaga Bencana).