Dukung Pemerintah Tekan Laju Covid-19, Polres Belu Siapkan Tenaga Tracer dan Vaksinator Covid-19

Dukung Pemerintah Tekan Laju Covid-19, Polres Belu Siapkan Tenaga Tracer dan Vaksinator Covid-19

Guna mendukung pemerintah dalam mempercepat pengendalian penyebaran covid-19 khususnya di wilayah kabupaten Belu, Kepolisian Resor (Polres Belu) telah menyiapkan tenaga tracer dan vaksinator Covid-19.

Hal ini ditandai dengan pelaksanaan Apel Gelar pasukan dalam rangka Launching Petugas Polres Belu sebagai 3T ( Testing, Treaching, Treatment ), rabu (24/2/2021) pukul 09.00 wita .

Dalam amanatnya pagi tadi, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si yang membacakan amanat Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum, menyampaikan terima kasih atas kehadiran para personel Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19 di lingkungan Polda NTT.

Dikatakannya, masyarakat kini semakin resah dengan terus adanya peningkatan kasus penderita Covid-19. .

Berkaitan dengan itu, Pemerintah resmi menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro di 7 propinsi mulai Selasa tanggal 9 sampai 22 Februari 2021.

“Walaupun PPKM mikro diterapkan di 7 Provinsi, namun daerah kita juga harus berinisiatif menerapkan PPKM mikro ini. Sehingga kita tidak terlena dan berusaha menekan laju penyebaran Covid-19 di masyarakat" kata Kapolres Belu.

"Diharapkan sesuai program pemerintah dengan mengedepankan para Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri ditengah masyarakat, dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap Covid-19 dalam membantu pemerintah untuk melaksanakan tracing Covid-19 ditengah masyarakat.”ujar Kapolres Belu.

Lebih jauh, Kapolres Belu mengungkapkan, pemerintah telah melakukan upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini masih menunjukan peningkatkan yang sangat signifikan.

Mencermati hal tersebut, dirinyapun berkomitmen untuk mensukseskan pelaksanaan program ini guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan vaksinasi masal vaksin sinovac Covid-19.

"Keberadaan para bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, serta Bhabinkamtibmas selalu hadir di tengah masyarakat untuk mengetahui perkembangan situasi dan kondisi yang ada di lingkungan sedini mungkin"ungkap Kapolres Belu.

“Mari kita dukung program vaksinasi, dan terus disiplin terhadap protokol kesehatan dengan 5 M : memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun dengan rutin,
menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pesan Kapolres Belu.

Menutup sambutannya, Kapolres Belu menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan kepada seluruh petugas medis dan Bhabinkamtibmas yakni, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan komitmen moral dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Penekanan lainnya, adalah meminta anggota Polri, untuk terus meningkatkan profesionalisme serta sinergitas polisional dengan seluruh komponen masyarakat. Intensifkan penyampaian pesan kamtibmas melalui kegiatan sambang door to door sistem sehingga akan terbangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas khususnya sebagai tracer Covid-19.

"Tingkatkan intensitas keberadaan bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat, pahamilah bahwa keberadaan saudara merupakan representasi kehadiran, berikan rasa aman kepada masyarakat"imbau Kapolres Belu.

"Dan Jadikan diri saudara sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang publik serta hindari tindakan kontra produktif yang dapat menyakiti hati masyarakat"pesan Kapolres Belu.

Kegiatan launching Petugas Polres Belu Sebagai 3T ini dihadiri Plh. Bupati Belu, Frans Manafe S.Pi, Dandim 1605 Belu, Letkol Inf, Wiji Untoro dan Danyon RK 744/SYB, Letkol Inf.Alfat Denny Andrian, Wakapolres Belu, Kompol Fajar Virgantara Syarifuddin, SIK, pejabat utama Polres Belu, pejabat utama Kodim 1605 Belu, seluruh anggota Bhabinkamtibmas Polres Belu serta Babinsa Kodim 1605 Belu.

Usai apel, anggota gabungan TNI Polri dipimpin Kapolres Belu bersama-sama Plh. Bupati Belu, Dandim 1605 Belu dan Danyon RK 744/SYB, melaksanakan patroli sepeda motor mengitari kota Atambua sekaligus memberikan edukasi ke masyarakat tentang protokol kesehatan.