Dongkrak Capaian Herd Immunity, Polres Belu Gelar Vaksin In The Night untuk Masyarakat Perbatasan

Dongkrak Capaian Herd Immunity, Polres Belu Gelar Vaksin In The Night untuk Masyarakat Perbatasan

Sebagai upaya mendongkrak pencapaian herd immunity (kekebalan kelompok) khususnya di wilayah kabupaten Belu yang berbatasan dengan negara Timor Leste, Polres Belu melakukan terobosan baru dengan menggelar vaksin in the night atau vaksin di malam hari untuk masyarakat.

Program Vaksinasi Covid-19 untuk tahap I dan II dengan jenis Sinovac dan Astrazeneca, di helat setiap hari sabtu malam dengan sasaran anak usia 12-17 tahun dan dewasa.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K. saat meninjau kesiapan tempat pelaksanaan vaksinasi di lapangan basket dan lapangan umum Atambua., sabtu (9/10/2021).

Menurut Kapolres Belu, Vaksinasi covid-19 terus dan gencar dilakukan pihaknya, bertujuan untuk membantu pemerintah dalam program percepatan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten Belu.

Dirinya menambahkan, perluasan pelayanan vaksin hingga malam hari ini, digelar untuk memfasilitasi warga yang tidak bisa meninggalkan kegiatan atau pekerjaannya pada jam kerja, yaitu pagi hingga sore.

"Berangkat dari penekanan Bapak Kapolda NTT dalam upaya percepatan Vaksinasi, Kami mencoba terobosan baru ini dengan menggelar vaksinasi di malam hari yang mana menurut kami dapat memfasilitasi warga yang belum vaksin, karena terbentur kerja yang sama sekali tidak bisa ditinggalkan pada pagi sampai sore" kata Kapolres Belu.

“Dengan adanya terobosan ini, Kami optimis program vaksinasidi wilayah Belu ini dapat selesai dengan cepat sesuai target dari Pemerintah terkait pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona " lanjut Kapolres Belu.

Selain di malam hari, orang nomor satu di Polres Belu ini mengungkapkan, pihaknya juga tetap membuka pelayanan vaksin gratis untuk masyarakat, yang setiap harinya dilaksanakan di klinik Pratama Sanika Satyawada, depan pohon beringin lapangan umum Atambua.

"Untuk pagi hingga siang hari tetap kami berikan pelayanan vaksin untuk masyarakat setiap hari kerja, dari senin sampai sabtu. Tentunya vaksinasi kami berikan kepada mereka yang lolos tahapan pelaksanaan vaksin diantaranya pengisian blangko dan pendaftaran, tensi darah serta observasi kesehatan bagi peserta yang dilayani tenaga medis klinik Pratama" kata Kapolres Belu.

"Dan untuk masyarakat yang belum dan sudah melaksanakan vaksin, Saya pesan supaya tetap menerapkan protokol kesehatan atau 5 M di manapun berada.  Jangan merasa sudah di vaksin lalu mengabaikan protokol kesehatan. Jadi tetap pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Karena itu demi keselamatan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19" tutup Kapolres Belu.