Dimakamkan Secara Kedinasan Polri, Ini Profil dan Jejak Karir AKP (Purn) Filmon Takene Hingga Tutup Usia

Dimakamkan Secara Kedinasan Polri, Ini Profil dan Jejak Karir AKP (Purn) Filmon Takene Hingga Tutup Usia

Kepolisian Resor Belu menggelar Upacara pemakaman Almarhum Ajun Komisaris Polisi (AKP) Purnawirawan, Filmon Takene, SH, kamis (18/3/2021).

Upacara secara kedinasan yang digelar pukul 11.00 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si yang diwakili Kabag Sumda, KOMPOL Alfonsus Hale Mau, dengan komandan Upacara, IPDA Gaspar Manit.

Sebelum jenazah dimakamkan secara kedinasan Polri, rangkaian upacara diawali dengan penyerahan jenazah oleh keluarga kepada Inspektur Upacara, yang berlangsung di rumah duka, KM 2, jurusan Kupang, kelurahan Rinbesi Atambua.

Kapolres Belu dalam amanat singkatnya yang dibacakan Inspektur Upacara mengungkapkan, selama bertugas di Kepolisian hingga memasuki purna bakti, Almarhum telah melaksanakan tugasnya secara baik dimanapun ia ditempatkan.

Lanjutnya, Almarhum telah memberikan kesan dan penilaian yang sangat positif, begitu juga pandangan masyarakat terhadap Almarhum sangat baik, sehingga hal ini dapat menjadi suri tauladan bagi anggota Polri dan masyarakat.

“Selama aktif di kepolisian, Almarhum memiliki karir yang cukup baik. Almarhum adalah salah satu anggota Polri yang patut dihargai, dihormati, terutama melaksanakan tugas di Kepolisian dimanapun ia ditempatkan, karena memiliki dedikasi yang tinggi, loyalitas dan semangat kerja yang tinggi “ungkap Kabag Sumda.

“Saya atas nama Pimpinan dan seluruh keluarga besar Polri Polres Belu serta Bhayangkari, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Almarhum. Harapan dan doa Kami, semoga Arwah Almarhum dapat diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan amal bhaktinya”harap Kabag Sumda.

Menutup sambutannya, Irup berharap kiranya keluarga selalu mendapat penghiburan dan keteduhan iman dalam menata hidup sehari-harinya.

Pemakaman Almarhum AKP (Purn) Filmon Takene berlangsung di pemakaman keluarga tepatnya di halamn depan rumah Almarhum di kelurahan Rinbesi, Atambua.

Seluruh tamu undangan, memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah diturunkan ke liang lahat yang diiringi dengan tembakan Salvo oleh satu regu Dalmas Sat Samapta Polres Belu.

Upacara kedinasan Polri ini dihadiri Sejumlah pejabat utama Polres Belu beserta anggota dan Bhayangkari,  para Purnawirawan Polri serta ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan.

Untuk diketahui, Almarhum AKP (Purn) Filmon Takene, lahir di Kupang pada tanggal 28 Februari 1960 dari pasangan Almarhum bapak Martinus Takene dan ibu Milka Oematan.

Setelah di lantik menjadi anggota Polri tahun 1979 dengan pangkat Bhayangkara Dua Polisi (Bharada), Almarhum langsung bertugas di Polres Belu hingga pensiun pada tahun 2018 dengan jabatan Kasubbag Sarana Prasarana (sarpras).

Selain menjabat Kasubbag Sarpras, Almarhum pernah bertugas sebagai anggota Polsek Boas, Malaka Timur, pada tahun 1983-1984.

Dari anggota Polsek Boas, Almarhum kemudian dimutasikan sebagai anggota Logistik dan mengemban jabatan tersebut hingga 26 tahun lamanya yakni dari tahun 1984-2010.

Setelah mengikuti Seleksi Alih Golongan (SAG) Perwira tahun 2010, Almarhum kemudian dimutasikan dari anggota Logistik ke jabatan baru Kasubbag Binmas.

Selama 1 tahun menjabat Kasubbag Binmas, Almarhum kembali dimutasi sebagai Kepala Seksi Pengawasan selama kurun waktu 1 tahun tepatnya dari tahun 2011-2012.

Di tahun 2012, Almarhum kemudian dimutasikan sebagai Kasubbag Sarpras hingga menjalani pensiun yakni pada tahun 2018.

Almarhum yang tutup usia pada hari selasa tanggal 16 Maret 2021, sekitar pukul 5 sore di RSUD Atambua karena sakit., meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga khususnya istri, 6 orang anak perempuan dan 7 orang cucu.