Detik-detik Menuju Tahun 2024, Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Pimpin Langsung Pengamanan Malam Pergantian Tahun di Tapal Batas

Detik-detik Menuju Tahun 2024, Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Pimpin Langsung Pengamanan Malam Pergantian Tahun di Tapal Batas

Kepolisian Resor Belu bersama jajaran TNI, Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Belu serta instansi terkait lainnya, bersiaga penuh guna menjamin situasi yang penuh kondusif selama malam pergantian tahun di wilayah kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan negara RDTL (Timor Leste).

Kesiapan pengamanan dalam rangkaian operasi Lilin Turangga 2023 ini, ditandai dengan dilaksanakannya apel gabungan yang berlangsung di lapangan apel Polres Belu, minggu (31/12/2023) malam pukul 20.00 wita.

Dalam arahannya, Kapolres Belu, AKBP Richo Natldo Devallas Simanjuntak, S.I.K meminta seluruh personil pengamanan, untuk melaksanakan tugas pengamanan malam tahun baru dengan penuh rasa tanggung jawab.

Hal ini lanjut orang nomor satu di Polres Belu ini, sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah maupun yang akan menikmati malam pergantian tahun.

"Misi malam ini adalah kita bersama-sama mengamankan pergantian tahun di kabupaten Belu. Perlu dipahami kita semua bahwa ini adalah tugas dan tanggung jawab kita kepada masyarakat, bagaimana membuat masyarakat merasa aman dan nyaman saat merayakan malam tahun baru. Karena harapan masyarakat sekarang adalah Kita dalam menciptakan situasi kondusif di malam pergantian tahun dari 2023 menuju 2024"kata Kapolres Belu.

"Untuk kegiatan malam ini nanti secara teknis akan disampaikan oleh pak kabag ops sebagai Karendal pamnya. Tentunya sebentar Kita akan melaksanakan patroli gabungan, dan lakukan tugas ini secara preemtif (imbauan) karena tujuannya kegiatan yang dilaksanakan masyarakat di malam pergantian tahun dapat berjalan aman dan tertib tanpa adanya gesekan"jelas Kapolres Belu.

Mengakhiri rahannya, Kapolres Belu mengucapkan selamat bertugas serta meminta kerja sama yang baik seluruh anggota TNI-Polri dan instansi terkait, sebelum, selama dan sesudah pengamanan malam tutup tahun baru 2023.

"Mari kita secara bersama-sama bekerja, soliditas kita tunjukkan ke masyarakat bahwa Kita telah siap melaksanakan pengamanan. Tetap jalin komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga pelaksanaan tugas pergantian tahun ini dapat berjalan aman dan tertib"kata Kapolres Belu. "

"Dalam kegiatan nanti, Saya minta seluruh personil jaga keselamatan diri, perhatikan sesama teman. Ini tidak memandang bahwa ini dari Polres, TNI ataupun rekan-rekan dari instansi lainnya, tapi kita melakukan pengamanan secara bersama-sama dan kita lakukan ini demi keamanan dan keselamatan masyarakat"pinta Kapolres Belu.

Apel kesiapan pengamanan malam pergantian tahun baru ini dihadiri Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, para Kabag, Kasat, Danki Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu dan Perwira Staf Polres Belu.

Sementara barisan apel terdiri darii personil gabungan Polres Belu, Kodim 1605/Belu, Sub Den Pom IX Atambua, Brimob Kompi.3 Den A Pelopor Atambua serta personil Sat Pol PP Kabupaten Belu.

Usai pelaksanaan apel gabungan, personil TNI-Polri dan Sat Pol PP dibagi dalam 3 tim yang kemudian melaksanakan patroli di wilayah kota Atambua.

Dari pantauan Humas yang ikut dalam rombongan, tim pertama melaksanakan patroli ke arah Tenukiik, Tenubot, Bandara Haliwen hingga wilayah Kabuna, kecamatan Kakuluk Mesak, kabupaten Belu.

Sementara tim kedua menyisir sebagian wilayah kelurahan Bardao, wilayah kelurahan Tulamalae hingga kelurahan Umanen arah PLTD Sesekoe Atambua.

Sedangkan tim ketiga, bergerak menyisir wilayah seputaran pasar lama hingga wilayah Fatubeno, kelurahan Kota Atambua.