Datangi Polres Belu, Tim Itwasda Polda NTT Lakukan Audit Kinerja Tahap II TA. 2023

Datangi Polres Belu, Tim Itwasda Polda NTT Lakukan Audit Kinerja Tahap II TA. 2023

Tim Itwasda ( Inspektorat Pengawasan Umum Daerah) Polda NTT, dipimpin Kombes Pol. Taufik Irpan Awalluddin, S.H., M.H melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Belu, kamis (26/10/2023).

Kedatangan Tim dalam rangka audit kinerja Tahap II aspek pelaksanaan dan pngendalian T.A 2023 di Mapolres Belu, disambut Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP serta pejabat utama Polres.

Saat membuka kegiatan di aula Wira Satya Polres Belu, Ketua Tim bidang logistik ini menyampaikan, kedatangan timnya untuk melakukan pembinaan dan pengarahan terkait kinerja yang selama ini telah dilakukan oleh Polres Belu selama tahun 2023 berjalan mulai dari aspek perencaanan, pelaksanaan dan pengendalian khususnya di bidang manajemen operasional, sumber daya, keuangan dan logisitik.

"Kita datang disini bukan untuk mencari masalah dan mencari-cari kesalahan tapi lebih kepada memberikan solusi yang terbaik supaya Polres jajaran dapat benar-benar melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan dalam program kerja tahun ini”kata Ketua Tim.“

"Untuk itu diminta bantuan dan kerja samanya dimana pada saat pendalaman berikan data yang baik agar Kami sebagai auditor juga sebagai konsultan dapat memberikan masukan dan arahan yag baik sehingga pada suatu saat ada audit dari BPK atau Itwasum, tidak ditemukan lagi kesalahan. Jangan sampai dalam pengelolaan anggaran, ada temuan yang bersifat atensi"tambah Ketua Tim.

Ketua Tim Wasrik Itwasda Polda NTT Tahap II TA 2023 didampingi Wakapolres Belu saat membuka kegiatan di aula Wira Satya Polres Belu

Dari pantauan Humas pagi tadi pukul 09.00 wita, usai sambutan dari Ketua Tim, Tim wasrik berjumlah 5 (lima) orang ini melakukan pengecekan ke Bagian, Satuan fungsi, Seksi dan pewrwakilan Polsek jajaran sesuai dengan yang termuat dalam kisi-kisi dari Itwasda Polda NTT yang sebelumnya di bagikan untuk dipenuhi/di jawab oleh masing-masing Bag dan Satuan fungsi.

Disela kegiatan tersebut, Kapolres Belu menuturkan, pemeriksaan oleh Tim Wasrik Itwasda Polda NTT meliputi aspek pelaksanaan dan pengendalian antara lain tentang pembinaan personil (sumda), penyerapan anggaran keuangan terkait pelaksanaan Operasi-operasi Kepolisian yang sudah dilaksanakan, bintibmas, binpolmas, bhabinkamtibmas, penanganan & penyelesaian tindak pidana (reskrim).

"Pemeriksaan juga meliputi penanganan anggota Polri yang melakukan tindak pidana (P3d), pelaksanaan MOU dengan jasa pengguna anggaran, penerbitan SKCK, giat dikmas lantas dan dukungan sarana prasarana Polri (bagian logistik) serta lainnya sesuai dengan yang termuat dalam kisi-kisi yang telah dibagikan sebelumnya"ungkap Kapolres Belu.

"Saya tekankan kepada para Kabag, Kasat, Kasi serta Kapolres jajaran maupun para operator dari tiap fungsi agar ikuti Wasrik ini dengan baik. Apa yang menjadi arahan atau petunjuk dari tim, dicatat dan ditindak lanjuti sehingga kesalahan-kesalahan yang didapati tahun ini, tidak terulang lagi atau didapati di tahun yang mendatang”lanjut Kapolres Belu.

Dalam kunjungan kerjanya di Polres Belu, Ketua Tim, Kombes Pol. Taufik Irpan Awalluddin, S.H., M.H didampingi AKP Anas selaku Perwira Pemeriksa (Parik) bidang Opsnal, Ipda Eptiono bidang SDM, Ipda Lukcy Ratu Parik bidang Garkeu dan Brigpol putu Yonathan selaku operator.