Bersinergi, Aparat Polres Belu dan Kodim Amankan Deklarasi Kampanye Damai dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerapan Protokol Covid-19

Bersinergi, Aparat Polres Belu dan Kodim Amankan Deklarasi Kampanye Damai dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerapan Protokol Covid-19

Ratusan personil Polres Belu selama tiga (tiga) hari berturut-turut melaksanakan pengamanan tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020, di Ballroom hotel Matahari Atambua.

Di hari ketiga pengamanan, jumat (25//9/2020), Aparat Polres Belu kembali bersinergi dengan Kodim 1605 Belu, melaksanakan pengamanan kegiatan Deklarasi Kampanye Damai dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerapan protokol kesehatan Pencegahan Covid-19 dalam Pilkada Belu 2020.

Sebelum terjun ke lapangan, sebanyak 116 personil yang terlibat pengamanan melaksanakan apel kesiapan di Mapolres yang dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si .

Seperti dua hari sebelumnya, personil pengamanan kemudian di floting untuk beberapa titik pengamanan antara lain Ballroom hotel Matahari,  persimpangan toko union, persimpangan BRI Cabang Atambua, kantor KPU dan Bawaslu serta posko pemenangan Paslon paket Sahabat dan paket Sehati.

Sebelum kegiatan tersebut dimulai, anggota kepolisian dan TNI sejak pukul 09.00 WITA, sudah tampak berjaga-jaga di dalam dan diluar balroom hotel matahari serta menutup sejumlah persimpangan jalan menuju hotel.

Protokol kesehatanpun diterapkan dengan disiplin dimana para tamu undangan yang ditentukan KPU termasuk para Paslon, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum memasuki aula ballroom.

Sesuai pantauan Humas, Kegiatan yang dimulai pukul 10.o0 WITA diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan berturut-turut dari Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, Dandim 1605 Belu, Letkol Inf. Wiji Untoro, Ketua Bawaslu Kabupaten Belu, Andreas Pareira, S.fil dan Ketua Ketua KPU Kabupaten Belu, Mikhael Nahak., S.Sos.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengucapan pakta Integritas disusul dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh Pasangan Calon Paket SAHABAT ( Wilybrodus Lay, S.H dan Drs. J. T Ose Luan ) dan Paket SEHATI ( dr. Agustinus Taolin, Sp.PD, KGEH dan Drs. Aloysius Hale Serena ).

Usai penandatanganan pakta integritas, dilanjutkan dengan pembacaan Ikhrar Kampanye  oleh Kedua pasangan Calon Bupati dari Paket SAHABAT dan Paket SEHATI, dilanjutkan dengan Penandatanganan ikhrar kampanye.

Sesuai daftar undangan yang dikeluarkan KPU Belu, jumlah peserta dalam kegiatan deklarasi kampanye damai sebanyak 44 orang.

Rincian, unsur Forkompinda Plus Kabupaten Belu enam orang, sekretaris daerah satu orang, ketua parpol se-Kabupaten Belu 11 orang, pasangan calon empat orang, tim penghubung paslon, tim kampanye paslon dan tokoh masyarakat masing-masing dua orang. Kemudian, Kasat pol PP, Kaban Kesbangpol, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Ketua Bawaslu dan Kepala RRI Atambua masing-masing satu orang.

Kepada awak media yang turun meliput kegiatan tersebut, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si mengungkapkan, pengamanan dilakukan pihaknnya bertujuan mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas sebelum, selama dan sesudah kegiatan.

Dirinya bersyukur, rangkaian pelaksanaan tahapan pilkada selama tiga hari berturut-turut tetap mengedepankan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, menggunakan masker, mengukur suhu dan mencuci tangan.

"Pengamanan kali ini bukan saja terfokus pada kamtibmas yang kondusif, tapi juga kepatuhan protokol kesehatan wajib dilaksanakan semua pihak yang hadir dalam kegiatan ini"kata Kapolres Belu.

"Dan sesuai harapan Kita bersama, kegiatan hari ini (deklarasi) dan dua hari sebelumnya, baik penetapan dan pengundian nomor urut paslon berjalan lancar. Semua yang hadir menerapkan protokol kesehatan dan tidak adanya kerumunan massa"pungkas Kapolres Belu.