Beri Rasa Aman dan Nyaman Masyarakat Saat Beraktivitas, Personel Pos Pelayanan Lilin Polres Belu Rutin Atur Lalu Lintas dan Patroli di Pasar

Beri Rasa Aman dan Nyaman Masyarakat Saat Beraktivitas, Personel Pos Pelayanan Lilin Polres Belu Rutin Atur Lalu Lintas dan Patroli di Pasar

Arus lalu lintas yang padat ditambah pengendara yang kerap melawan arus, menyebabkan jalan raya kompleks pertokoan pasar baru terlihat macet.

Kepadatan arus lalu lintas di hari kedua natal ini, ditemui anggota Polres Belu yang sedang bertugas di Pos pelayanan operasi Lilin Turangga 2022, senin (26/12/2022).

Dari laporan yang dihimpun Humas siang tadi, Kasat Binmas, IPTU Gregorius Settu selaku Ka.Tim pos pelayanan bersama anggota jaga, berjibaku mengatur lalu lintas di sepanjang pertokoan sekaligus mengarahkan pengendara untuk tidak melawan arus agar tidak menyebabkan kemacetan.

Selain mengatur arus lalu lintas, anggota Pos pelayanan pasar baru melakukan patroli dengan jalan kaki di kompleks pasar sembari memberikan imbauan kepada masyarakat pengunjung pasar dan juga para pedagang.

Penempatan pos pelayanan di pasar baru kata Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, agar lebih mudah melayani masyarakat, bilamana ada gangguan kamtibmas serta meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

“Pasar baru setiap harinya selalu ramai dikunjungi masyarakat terlebih menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Sehingga di gelaran operasi Lilin ini, kita tempatkan pos pelayanan dengan tujuan untuk menciptakan situasi aman dan nyaman selama perayaan Nataru"jelas Kapolres Belu.

"Selain fokus utama kita pada lalu lintas, anggota yang bertugas selama 1x24 jam disana (pasar), juga melakukan kegiatan Preemtif, Preventif guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang beraktivitas di pasar baru. Teknisnya, secara intensif melakukan patroli dialogis sembari memberikan pesan kamitbmas ke masyarakat. Kalau ada dugaan-dugaan yang melanggar pidana, kita lakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku"lanjut Kapolres Belu.

Untuk diketahui, saat ini Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholders terkait lainnya, menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Lilin 2022".

Operasi Lilin ini sendiri dilaksanakan selama 11 hari, dimulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.

Operasi ini mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi, dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat kabupaten Belu dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.